Kapal Pengangkut Semen Tenggelam di Morowali, 1 Tewas 4 Masih Hilang

Febriyono Tamenk, Antara · Jumat, 27 April 2018 - 13:39:00 WIB
Kapal Pengangkut Semen Tenggelam di Morowali, 1 Tewas 4 Masih Hilang
Ilustrasi kapal tenggelam. (Foto: Okezone)

KENDARI, iNews.id - Kapal Motor Sarana Teknik Bahari 1500 jenis tanker bermuatan semen curah, tenggelam di Perairan Morowali, Sulawesi Tenggah. Satu orang dikabarkan meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

Humas Basarnas Kendari, Wahyudi mengatakan, pada 26 April 2018 sekitar pukul 20.50 Wita, pihaknya menerima info dari Kapolres Morowali. Dari informasi tersebut diketahui, pada pukul 06.00 Wita telah terjadi kecelakaan kapal KM STB 1500 jenis tanker.

Kapal bermuatan semen curah dengan rute Makassar- PT IMIP Morowali itu tenggelam di Perairan Morowali, sekitar empat kilometer dari Pelabuhan Jeti Morowali.

Usai menerima laporan itu, kata Wahyudi, pada pukul 21.00 Wita, tim rescue Basarnas Kendari diberangkatkan dengan menggunakan KN SAR Pacitan.

Pada Jumat (27/4/2018) pukul 03.00 Wita dini hari tadi, KN Sar Pacitan tiba di tempat kejadian. Petugas langsung melakukan pencarian terhadap empat orang anak buah kapal (ABK) yang belum ditemukan.

“ABK yang selamat yakni Capt John Heney, Albert Telaumbana, Nunang Kumar, Apud, Endang, Yusril, Andrean, Jualiang, Galan, Erik dan Wawan. Nama korban yang meninggal adalah Agung. Nama-nama korban yang masih dalam pencarian adalah Karibian, Hapita Monrova, Muh Hasan, dan Vigo," kata Wahyudi.

Wahyudi menjelaskan, adapun unsur yang terlibat pencarian korban kapal tenggelam itu yakni, TNI AU Halu Oleo, Pol air Morowali, Pos Angkatan Laut Morowali, PMI, Angkatan Laut Lanal Palu, Koramil Morowali, Kodim, PT IMIP dan Syahbandar Kolonodale.

Hingga saat ini, tim SAR gabungan masih mencari keempat korban yang diperkirakan sudha tewas tersebut. Sementara penyebab tenggelamnya kapal belum diketahui dan masih menunggu penyelidikan dari pihak berwajib.

Editor : Himas Puspito Putra