Kapal Nur Jaya Mati Mesin di Maluku, 48 Penumpang Terombang-ambing di Laut

Ismail Sangaji ยท Senin, 23 Maret 2020 - 17:30:00 WIB
Kapal Nur Jaya Mati Mesin di Maluku, 48 Penumpang Terombang-ambing di Laut
Tim SAR gabungan mengevakuasi penumpang kapal yang mati mesin. (Foto: Dok.iNews.id)

TERNATE, iNews.id - Puluhan penumpang dan anak buah kapal (ABK) Kapal Motor Nur Jaya terombang-ambing di tengah laut setelah kapal yang mereka tumpangi mati mesin di laut Maluku, Senin (23/3/2020). Para penumpang juga kelaparan lantaran persediaan makanan di kapal habis.

Mereka akhirnya bisa dievakuasi tim SAR gabungan setelah mendapat laporan adanya kapal yang mati mesin di tengaah laut.

Sebelum dievakuasi ke KN SAR Pandu Dewanata, puluhan penumpang diperiksa kesehatan dan suhu tubuh oleh petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Ternate (kkp) yang mengenakan alat pelindung diri.

“Kami menerima informasi dari kapten Kapal Motor Nur Jaya kalau kapalnya mati mesin. Kami langsung terjun melakukan evakuasi awak kapal dan penumpang yang terombang-ambing di perairan laut Maluku,” kata Kepala SAR Ternate, Muhammad Arafah.

Dia menjelaskan, ke-48 awak kapal dan penumpang semuanya dalam kondisi selamat. “Dari 48 penumpang itu ada satu bayi dan anak-anak,” ujarnya.

Kapten Kapal Nur Jaya, Masri mengatakan, kapal yang dinakhodainya bertolak dari Pelabuhan Saketa, Kabupaten Halmahera Selatan menuju Ternate.

“Pas di perairan Kayoa Laut Maluku sekitar jam 2 malam, kapal kami mengalami kerusakan pada mesin. Saat itu, penumpang panik apalagi kehabisan makanan,” katanya.

Editor : Kastolani Marzuki