Kapal Mina Aravah Nyaris Tenggelam di Lombok Timur, 4 Penumpang Selamat

Ramli Nurawang ยท Kamis, 12 November 2020 - 15:38:00 WIB
Kapal Mina Aravah Nyaris Tenggelam di Lombok Timur, 4 Penumpang Selamat
Kapal Mina Aravah yang membawa empat penumpang nyaris tenggelam akibat dihantam ombak besar di perairan Lombok Timur, NTB, Kamis (12/11/2020). (Foto: iNews/Ramli Nurawang)

LOMBOK TIMUR, iNews.id - Kapal ikan (KM) Mina Aravah yang ditumpangi empat orang nyaris tenggelam akibat dihantam ombak di perairan Gili Sulat, Desa Sugian Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Kamis (12/11/2020). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Empat penumpang berhasil diselamatkan petugas Polairud Polda NTB.

Penyelamatan keempat ABK itu berlangsung dramatis. Petugas menggunakan tali dan rakit untuk mengevakuasi keempat korban, dua di antaranya ibu dan anak perempuan berusia 8 tahun.

Komandan Kapal 1002 Pos Kayangan Dipolairud Polda NTB, Bripka Agus Salim mengatakan, KM Mina Aravah  berlayar di perairan Gili Sulat Sambelia.

Di tengah perjalanan, kapal tiba-tiba diadang gelombang tinggi hingga kapal terseret ke pinggir menyebabkan kapal kandas dan terjadi kebocoran di lambung kapal sebelah kiri.

“Tak lama kemudian kapal mulai miring hingga nyaris tenggelam,” katanya.

Melihat kejadian itu, petugas Polairud langsung memberikan pertolongan dengan mengevakusi seluruh penumpang.

Evakuasi dilakukan menggunakan tali dan perahu rakit kecil. Setelah itu, kapal ditarik menggunakan dua alat penyedot air sehingga tidak tenggelam di laut.

Saat ini kapal telah sandar di dermaga tradisional Kampung Baru yang tidak jauh dari lokasi kejadian.

Editor : Kastolani Marzuki