Kapal La Hila Tenggelam Dihantam Ombak di Pulau Pudar, 2 Orang Hilang

Antara ยท Minggu, 23 Desember 2018 - 20:20 WIB
Kapal La Hila Tenggelam Dihantam Ombak di Pulau Pudar, 2 Orang Hilang
Tim SAR berupaya mencari keberadaan dua awak kapal La hila yang tenggelam di perairan Pulau Padar, Labuan Bajo, NTT. (Foto: Dok.iNews.id)

KUPANG, iNews.id - Kapal wisata La Hila tenggelam di perairan Pulau Padar, Kawasan Wisata Taman Nasional Komodo (TNK), Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa tenggara Timur(NTT). Kapal yang membawa tujuh wisatawan dan empat kru tenggelam akibat dihantam ombak besar.

"Saat ini tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap dua orang wisatawan yang hilang akibat tenggelamnya kapal wisata itu," kata Kapolres Manggarai Barat, AKBP Julisa Kusumowardono, Minggu (23/12/2018).

Dia menjelaskan, sesuai dengan kronoligis kejadian, KM La Hila mempunyai anak buah kapal (ABK) empat orang. Kapal wisata itu disewa oleh tujuh orang wisatawan domestik yang ingin berwisata ke kawasan wisata TNK sambil menikmati liburan Natal dan Tahun Baru.

Kapolres mengatakan, bahwa kapal wisata itu bertolak dari Labuan Bajo pada Sabtu (22/12/2018), pukul 08.00 WITA.

Kapal itu menyinggahi sejumlah kawasan wisata seperti Pulau Rinca. Pada Minggu (23/12/2018) kapal itu bertolak dari Pulau Rinca menuju Pulau Padar, namun pada pukul 04.00 WITA kapal itu karam karena dihantam gelombang kemudian tenggelam.

Mendapat informasi kapal wisata itu tenggelam, tim SAR gabungan terdiri atas Polairud, Basarnas, Polres Manggarai Barat, TNI-AL, patroli gabungan TNK-Polres Manggarai Barat-Brimob, bersama sejumlah kapal wisata lainnya berusaha menyelamatkan para korban.

"Korban laka laut berhasil dievakuasi sembilan orang ke Labuan Bajo dan mendapatkan perawatan di RS Siloam saat ini," ujarnya.

Kapolres mengatakan, dua korban yang saat ini masih belum ditemukan yakni Dr Yudi Prayudi dan Gregorius yang bertugas sebagai pemandu wisata.

Kepala Otoritas Syahbandar Labuan Bajo, Iwan Sumantri, mengatakan, bahwa kapal itu hanya diberikan izin berlayar ke dua tempat wisata yakni, Pulau Rinca dan Loh Buaya.


Editor : Kastolani Marzuki