Kapal Angkut 9 Wisatawan Tenggelam di Aceh, 2 Orang Meninggal

Taufan Mustafa ยท Senin, 22 Juni 2020 - 07:25:00 WIB
Kapal Angkut 9 Wisatawan Tenggelam di Aceh, 2 Orang Meninggal
Kepala Operasi Basarnas Aceh Adah Sudarsa menjelaskan evakuasi dua wisatawan tewas tenggelam di perairai Ulee Lheu, Banda Aceh, Minggu (21/6/2020). (iNews.id/Taufan Mustafa)

ACEH, iNews.id - Kapal motor mengangkut sembilan wisatawan terhempas ombak tinggi dan tenggelam di perairan Ulee Lheu, Banda Aceh, Minggu (21/6/2020) sore. Dua orang penumpang yang tak bisa menyelamatkan diri meninggal.

"Tujuh orang selamat, dua orang meninggal dunia ditemukan di lokasi," kata Kepala Operasi Basarnas Banda Aceh, Adah Sudarsa, Minggu (21/6/2020) malam.

Dua korban yang meninggal yakni perempuan lanjut usia, Amoy (70) dan Apin (65). Keduanya tercatat menetap di Kampung Mulia, Kota Banda Aceh.

Adah mengatakan, kejadian itu berawal saat kapal motor milik nelayan yang mengangkut sembilan orang wisatawan berangkat dari Pelabuhan Ujong Pancu pukul 16.00 WIB hendak menuju Pelabuhan Ulee Lheu.

Namun di tengah perjalanan, kapal tersebut terhempas ombak besar sehingga terbalik. Seluruh penumpang dan awak kapal yang memakai jaket pelampung berusaha menyelamatkan diri masing-masing. Namun dua korban yang sudah lanjut usia itu hilang.

Beruntung musibah itu diketahui kapal nelayan lain yang sedang melintas. Tujuh orang yang selamat lalu dievakuasi. Kemudian kecelakaan itu dilaporkan kepada Polsek Ulee Lheu yang diteruskan ke Basarnas Banda Aceh.

Tim Basarnas yang bergerak ke lokasi tenggelam langsung melakukan pencarian dan menemukan tubuh dua penumpang yang tenggelam. Dua korban meninggal telah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Abidin, Banda Aceh.

"Saat ditemukan kedua korban masih mengenakan live jacket. Diduga keduanya tertimpa perahu," ujar Adah.

Editor : Reza Yunanto