Kanwil Kemenkumham Sulteng Ambil Alih Lapas Parigi, Sipir Pelaku Pemukulan Dicopot

Jemmy Hendrik ยท Jumat, 08 Oktober 2021 - 06:44:00 WIB
Kanwil Kemenkumham Sulteng Ambil Alih Lapas Parigi, Sipir Pelaku Pemukulan Dicopot
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah Lilik Sujandi mengambilalih kepemimpinan Lapas Parigi Moutong usai insiden kemarahan warga binaan, Kamis (7/10/2021) malam. (Foto: iNews/Jemmy Hendrik)

PARIGI MOUTONG, iNews.id - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengambil alih kepemimpinan Lapas Kelas III Parigi, usai insiden warga binaan mengamuk. Petugas lapas terduga pelaku pemukulan warga binaan pun telah dicopot.

"Mulai malam ini kepemimpinan lapas saya ambil alih untuk pemulihan," kata Kakanwil Kemenkumham Sulteng Lilik Sujandi, Kamis (7/10/2021) malam.

Dia mengatakan, tindakan pengambilalihan Lapas Parigi ini untuk tindakan evaluasi atas insiden kemarahan para warga binaan. Menurutnya, para warga binaan juga telah tenang setelah diberikan pemahaman.

"Pengambilalihan dalam hal ini untuk evaluasi. Warga binaan telah menyampaikan komitmennya untuk berperilaku tertib," ujar Lilik. 

Dia juga mengatakan, pegawai lapas yang melakukan kekerasan kepada warga binaan telah dicopot dari tugasnya untuk menjalani pemeriksaan. Pemeriksaan diserahkan kepada kepolisian.

"Beberapa pegawai yang melakukan perilaku yang tidak semestinya kepada warga binaan akan dilakukan pemeriksaan oleh penyidik, dalam hal ini pak kapolres dan kawan-kawan," katanya.

Menurutnya, Kanwil Kemenkumham Sulteng akan transparan memroses para pegawai yang diduga melakukan pemukulan tersebut. Untuk memudahkan pemeriksaan, para petugas terduga pelaku pemukulan telah dibebastugaskan dari lapas.

"Malam ini juga mereka saya cabut dari Lapas Parigi. Saya tempatkan sebaga pegawai di kantor wilayah," katanya

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: