Kades Kungkai Didemo Warga Gara-Gara Nekat Nikah Siri

Nanang Fahrurozi, Sindonews ยท Sabtu, 04 Januari 2020 - 13:37 WIB
Kades Kungkai Didemo Warga Gara-Gara Nekat Nikah Siri
Ratusan warga Desa Kungkai, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, pada Jumat (3/1/2020) berunjuk rasa menuntut kades mundur dari jabatannya. (Foto: iNews TV/Nanang F)

JAMBI, iNews.id - Nekat nikah siri, Safardi, Kepala Desa Kungkai, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi didemo warga. Sebagai pemimpin desa, dia dinilai telah melanggar norma-norma adat dan telah mencoreng nama baik desa.

Sempat terjadi kericuhan saat aksi demo berlangsung antara warga dengan pihak keamanan. Saat itu, warga hendak menyegel dan menghentikan semua kegiatan di kantor desa.

M Yusuf salah satu tokoh masyarakat mengatakan tidak ingin perkara administrasi warga diserahkan kepada Safardi.

"Kami tidak mau lagi berurusan dengan kades, dan kami minta kades di sidang secara adat serta hukum yang berlaku," kata M Yusuf dalam audiensi dengan pihak pemerintah dan Polres Merangin, Jumat (3/1/2020).

BACA JUGA: Izin Mandi di Sungai, Anak Susi Susanti Ditemukan Meninggal

Menerima aduan dari warga, Plt Camat Bangko Andre akan menaikan permasalahan ini ke tingkat kabupaten.

"Sesegera mungkin akan kita layangkan surat ke bupati agar bisa di proses hukum adatnya," ujar Andre.

Sementara itu, Kapolres Merangin AKBP M Lutfi menjelaskan, laporan pidana warga akan diproses. Sedangkan untuk hukum adat akan dilaporkan ke lembaga adat.

"Kita akan kawal hingga situasi di lokasi benar-benar kondusif. Saat ini anggota masih kita siagakan untuk memantau kondisi di lapangan," katanya.


Editor : Nani Suherni