Kabut Tebal Ganggu Penerbangan di Kota Pekanbaru

Okezone ยท Kamis, 26 Juli 2018 - 13:10 WIB
Kabut Tebal Ganggu Penerbangan di Kota Pekanbaru
Ilustrasi kabut tebal. (Foto: Sindonews)

PEKANBARU, iNews.id Kabut tebal yang menyelimuti Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mulai mengganggu penerbangan. Sejumlah penerbangan dari dan menuju bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru kacau balau akibat kondisi tersebut.

Hal itu dibenarkan General Manager Angkasa Pura Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Jaya Tahoma. Dia menjelaskan, ada beberapa penerbangan yang mengalami gangguan akibat kabut tebal yang menyelimuti Kota Pekanbaru. Bahkan, sebagian penerbangan harus dialihkan (divert) ke bandara terdekat.

Namun demikian, menurut Jaya, kabut yang menyelimuti Riau dan mengganggu penerbangan hari ini bukan merupakan asap kebakaran hutan yang biasa terjadi di Riau. Melainkan murni kabut atau fog. "Ini bukan asap tapi kabut atau fog," ucap Jaya saat dihubungi, Kamis (26/7/2018) pagi.

Dia menjelaskan, jadwal penerbangan terganggu di antaranya Garuda Indonesia dan Citilink. Sampai pukul 09.00 WIB jarak pandang di Kota Pekanbaru masih di bawah ambang keselamatan penerbangan.

"Untuk pesawat kedatangan belum ada yang landing. Citilink seharusnya mendarat di Pekanbaru pukul 7.00 WIB terpaksa dialihkan ke Batam,” ucapnya.

Untuk Garuda Indonesia mengalami penundaan selama 45 menit dari jadwal. "Garuda mengalami penundaan keberangkatan," imbuhnya.


Editor : Himas Puspito Putra