Kabut Asap Selimuti Palangkaraya, Warga Mulai Pakai Masker

Ade Sata ยท Jumat, 19 Juli 2019 - 11:30 WIB
Kabut Asap Selimuti Palangkaraya, Warga Mulai Pakai Masker
Kabut asap menyelimuti jalan-jalan kota. (Foto: Dok iNews).

PALANGKARAYA, iNews.id - Sejumlah titik di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) mulai diselimuti kabut asap. Warga pun menggunakan masker karena khawatir terpapar asap akibat kebakaran lahan.

Pantauan iNews, kabut asap tampak menyelimuti Jalan Yossudarso menuju Bundaran Besar, Jalan Imam Bonjol dan Jalan Diponegoro, Kota Palangkaraya.

"Asap sudah mulai menganggu. Jadi harus pakai masker," kata seorang warga yang juga pengendara motor di jalan raya, Riko, di Palangkaraya, Kalteng, Jumat (19/7/2019).

Menurut dia, kabut asap belum terlalu tebal, meski jarak pandang pengendara agak sedikit terbatas. Untuk menyiasatinya, warga pun menyalakan lampu kendaraannya.

"Tapi untuk antisipasi, lampu kendaraan saya nyalakan," ujar dia.

Hampir satu bulan terakhir, kebakaran lahan gambut saat di Palangkaraya sudah menghanguskan puluhan hektare lahan di sana. Tim terpadu dari Satgas Karhutla hingga kini masih berupaya menangani kebakaran.

Mengingat kondisi asap mulai menyelimuti Kota Palangkaraya, masyarakat berharap petugas dapat segera menangani kasus kebakaran lahan dan hutan.

"Kalau bisa bagikan juga masker gratis. Karena asap mulai menganggu pernapasan," ujar pengendara lainnya, Salwa.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal