Kabut Asap Kebakaran Lahan di Pontianak, TNI Bagikan 15.000 Masker

Gusty Eddy ยท Selasa, 21 Agustus 2018 - 16:58 WIB
Kabut Asap Kebakaran Lahan di Pontianak, TNI Bagikan 15.000 Masker
Personel Kodam XII Tanjung Pura saat membagikan masker kepada pengendara sepeda motor. (Foto: iNews/Gusty Eddy)

PONTIANAK, iNews.id – Kodam XII Tanjung Pura membagikan 15.000 masker untuk masyarakat di Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (21/8/2018). Pembagian masker ini inisiatif atas dampak kabut asap dari kebakaran lahan yang menyelimuti udara sejak sepekan terakhir.

Pantauan di lapangan, jarak pandang bagi pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat kini terbatas. Masyarakat diimbau berhati-hati saat berkendara dan menggunakan masker jika beraktivitas di luar ruangan.

Asinteljen Kodam XII tanjung Pura, Kolonel Inf Wulang mengatakan, jajarannya menerjunkan 50 personel dan 50 relawan untuk membagikan masker ke masyarakat. Lokasinya meliputi setiap titik persimpangan jalan di Kota Pontianak.

Dia menjelaskan, hal ini berdasarkan instruksi Pangdam XII Tanjung Pura Mayjen TNI Ahmad Supriyadi. Jajaran Kodam XII Tanjung pura turut prihatin dengan kondisi saat ini sehingga berinisiatif untuk buat membantu warga melalui pembagian masker.


“Kabut asap ini sudah kian pekat dan bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), khususnya bagi anak-anak,” kata Wulang.

Diketahui selain menimbulkan asap yang menganggu kesehatan, Kebakaran lahan di telah memakan dua korban jiwa. Satu warga ditemukan tewas di lahan yang terbakar di Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, sedangkan seorang lagi di Kecamatan Belimbing Hulu, Kabupaten Melawi.

Korban yang tewas di Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, bernama Esungga (69). Sementara korban tewas di Kecamatan Belimbing Hulu, Kabupaten Melawi, seorang anak berusia tujuh tahun.


Editor : Donald Karouw