Jelang Natal, Harga Cabai di Jambi Naik 2 Kali Lipat

Nanang Fahrurozi ยท Minggu, 24 Desember 2017 - 21:52:00 WIB
Jelang Natal, Harga Cabai di Jambi Naik 2 Kali Lipat
Tim Satgas Pangan Polres Merangin melakukan sidak ke pasar tradisional di Kota Bangko Kabupaten Merangin, Jambi. (Foto:iNews/Nanang Fahrurozi)

JAMBI, iNews.id - Tim Satgas Pangan Polres Merangin melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional di Kota Bangko Kabupaten Merangin, Jambi. Sidak tersebut untuk mengantisipasi melonjaknya harga pangan jelang Natal dan Tahun Baru.

Pantauan iNews di lokasi, tim yang dipimpin Kapolres Merangin, AKBP I Kade Utama mengecek harga pangan yang ada di Pasar Bangko. Dalam sidak tersebut, petugas menemukan sejumlah komoditas pangan salah satunya cabai yang mengalami kenaikan.

Seorang pedagang, Mamat mengatakan, cabai merah dan rawit mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Menurut dia, harga cabai merah sebelumnya Rp25.000 kini naik jadi Rp48.000 per kilogram (kg), sedang cabai rawit naik dari Rp30.000 jadi Rp60.000 per kg. “Kenaikan harga hanya cabai. Beras, daging dan sayur masih normal,” ujarnya, Minggu (24/12/2017).

Menurut dia, kenaikan signifikan pada cabai karena stok yang terbatas serta sulitnya akses trasportasi ke wilayah Kabupaten Merangin. “Kami harus mengeluarkan biaya untuk biaya produksi. Stok beras, daging dan sayur hingga tahun baru masih tersedia dan tidak mengalami kekurangan,” tuturnya.

Usai melakukan sidak sejumlah harga bahan pokok, tim Satgas Pangan meninjau ke tempat penjualan beras dan elpiji di Kabupaten Merangin. Berdasarkan penelusuran stok beras dan elpiji berbagai ukuran tidak terjadi kelangkaan.

Editor : Dony Aprian