Jelang Mudik Lebaran, Jalan Trans Sulawesi Rusak dan Berlumpur

Febriyono Tamenk ยท Minggu, 27 Mei 2018 - 09:27:00 WIB
Jelang Mudik Lebaran, Jalan Trans Sulawesi Rusak dan Berlumpur
Kondisi jalan penghubung Provinsi Sultra dengan Sulteng. (Foto: iNews/Febriyono Tamenk)

KONAWE, iNews.id - Jalan lintas provinsi di Desa Paku Jaya, Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang biasa digunakan masyarakat mudik Lebaran kondisinya rusak parah. Ketebalan lumpur mencapai 40  sentimeter (cm) membuat puluhan kendaraan kesulitan untuk melintas.

Para sopir harus saling bahu membaku untuk mendorong mobil yang terjebak lumpur. Tak hanya itu, kendaraan roda dua juga harus ekstra berhati-hati melewati medan yang mirip arena off road tersebut.

Salah satu pengendara motor mengaku kerusakan jalan yang menghubungkan Provinsi Sultra dengan Sulawesi Tengah (Sulteng), sangat menyita waktu. Pasalnya, jika kondisi jalan normal biasanya hanya membutuhkan waktu 30 menit, namun sekarang mereka bisa menghabiskan waktu di jalan hingga satu jam lebih.

“Panjangnya puluhan kilometer. Kerusakan jalan akibat aktivitas mobil berat perusahaan tambang nikel dan truk ekspedisi dari Sultra ke Sulteng,” kata pengendara motor, Jafaruddin, Minggu (27/5/2018).

Dia menjelaskan, jika musim penghujan tiba kondisi jalan berlumpur dan sulit dilalui kendaraan dan saat musim panas akan menjadi berdebu. Warga berharap pemerintah tidak menutup mata dengan kondisi jalan yang rusak, terlebih menjelang Lebaran.

Editor : Muhammad Saiful Hadi

Bagikan Artikel: