Jambi Diguyur Hujan, Warga Harap Kabut Asap akibat Kebakaran Hutan Segera Hilang

Antara ยท Rabu, 25 September 2019 - 04:30 WIB
Jambi Diguyur Hujan, Warga Harap Kabut Asap akibat Kebakaran Hutan Segera Hilang
Pengendara sepeda motor menorobos hujan di Jembatan Banua Anyar, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (23/9/2019). Hujan deras mengguyur kota Banjarmasin dengan harapan dapat meredakan kabut asap. (Foto: Antara).

JAMBI, iNews.id - Warga Kota Jambi, Provinsi Jambi, menyambut dengan syukur turunnya hujan di daerah tersebut. Hujan turun dengan intensitas ringan hingga sedang pada Selasa (24/9/2019) pagi, sore dan malam hari.

"Syukur alhamdulillah, hujan akhirnya turun. Semoga bisa menghentikan kabut asap yang telah berlangsung lebih dari dua pekan di sini," kata Bambang, salah seorang warga di Kota Baru, Kota Jambi.

Bahkan, dia bersama keluarga sujud syukur karena hujan pada pagi hari berlanjut pada sore dan malam hari. Menurutnya, hujan cukup deras dan dia berharap turun merata di semua wilayah Jambi.

"Mudah-mudahan juga turun di daerah kebakaran lahan di Jambi ini," ujarnya.

Warga lainnya, Kamaluddin, mengaku bersyukur hujan turun. Dia berharap hujan terus berlanjut sehingga bisa menghentikan karhutla sekaligus. Dengan begitu aktivitas masyarakat dapat kembali berjalan normal.

Sementara itu, suasana Kota Jambi pascahujan pada pagi hari yang tidak begitu signifikan mengurangi asap. Namun sejumlah warga mengaku kabut tidak sepekat hari sebelumnya.

Bila dibandingkan Senin (23/9/2019) siang, kondisi Selasa pagi jauh lebih baik. Namun indikator pencatat pencemaran udara yang diumumkan Pemkot Jambi masih belum berubah, kategori tidak sehat.

"Kami mencium lagi bau tanah basah karena air hujan, meski bau kabut asap masih jauh lebih menyengat. Tapi mudah-mudahan asap mereda," kata salah warga, Aldi, di Jalan Sunan Ampel Kota Baru.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal