Hujan Lebat sejak Pagi, 300 Rumah Warga di Belitung Dilanda Banjir

Antara ยท Jumat, 06 Desember 2019 - 12:43 WIB
Hujan Lebat sejak Pagi, 300 Rumah Warga di Belitung Dilanda Banjir
Ilustrasi banjir. (Foto: iNews.id)

BELITUNG, iNewsd.id – Hujan lebat yang melanda Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejak Jumat (6/12/2019) pagi mengakibatkan ratusan rumah di daerah ini terkena banjir. Data dari pemerintah setempat, rumah yang kebanjiran mencapai 300 unit.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung, Abdul Sani mengatakan, banjir dipicu hujan lebat dan pasang air laut. Akibatnya, air sungai meluap dan membanjiri rumah warga.

“Ini karena kondisi air laut sedang pasang, kemudian hujan juga lebat sampai sekarang. Daerah yang paling parah terkena dampak banjir Kelurahan Kampung Damai. Karena itu, kami fokus melakukan evakuasi di sana,” katanya di Tanjung Pandan.

 

BACA JUGA:

Ratusan Rumah di Kota Tebing Tinggi Terendam Banjir akibat Hujan Deras di Hulu Sungai Padang

800 Kampung di Papua Barat Berpotensi Longsor-Banjir, BMKG Minta Tetapkan Siaga Bencana

 

Menurut dia, aparat pemerintah masih fokus mengevakuasi warga yang rumahnya kebanjiran, terutama balita dan para lansia. “Tadi sudah ada beberapa orang yang berhasil kami evakuasi terutama para lansia dulu,” katanya.

Abdul Sani mengatakan, hingga Jumat siang, ketinggian banjir belum berkurang. Bahkan, debit air kemungkinan masih akan naik karena hujan masih turun.


Editor : Maria Christina