Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Diprediksi Melanda Beberapa Wilayah Ini

Kastolani ยท Selasa, 18 Agustus 2020 - 19:30 WIB
Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Diprediksi Melanda Beberapa Wilayah Ini
Ilustrasi hujan deras. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi ini terjadi sejak hari ini hingga dua hari ke depan, atau Kamis (20/11/2020).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, kondisi ini dipengaruhi sirkulasi siklonik di pusat tekanan rendah (1005 hPa) yang terpantau di Samudera Pasifik timur Filipina. Sirkulasi ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di Samudera Pasifik timur Filipina.

"Sirkulasi siklonik ini mampu meningkatkan aktivitas pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi serta di sekitar sirkulasi siklonik tersebut, hingga mencakup wilayah Kepulauan Talaud, perairan Utara Maluku dan Utara Papua," kata BMKG dalam siaran pers yang diterima Selasa (18/8/2020).

Adapun wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat dan dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang untuk hari ini, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dam Kalimantan Timur.

"Kondisi ini masih berlangsung untuk wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Papua Barat, dan Papua pada Rabu, 19 Agustus 2020," kata BMKG.

Sementara untuk Kamis (20/8/2020), hujan lebat berpotensi melanda wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu. Kemudian, Jambi, Kalimantan Timur, Papua Barat, dan Papua.

Hari ini, hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi di wilayah Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Papua Barat, dan Papua.

"Kondisi ini masih berpotensi terjadi di wilayah Lampung, Maluku, hingga esok hari Rabu, 19 Agustus 2020," kata BMKG.

Untuk wilayah Kalimantan Tengah, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, dan Maluku Utara diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Kamis (20/8/2020).

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir atau kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang. Masyarakat diminta mempersiapkan diri dengan peralatan untuk mengantisipasi hujan.


Editor : Maria Christina