Hingga 31 Desember, Riau Siaga Darurat Banjir dan Longsor

Indra Yosserizal · Jumat, 30 November 2018 - 17:54:00 WIB
Hingga 31 Desember, Riau Siaga Darurat Banjir dan Longsor
Banjir masih menggenangi ratusan rumah di Kampar, Raiu. Memasuki musim hujan, Pemprov Riau menetapkan status siaga banjir dan longsor. (Foto: iNews.id/Indra Yosserizal)

PEKANBARU, iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menetapkan status siaga banjir dan longsor menyusul banjir besar yang melanda lima kabupaten.

Status siaga darurat banjir itu ditetapkan setelah pencabutan status darurat kebakaran hutan dan lahan yang berkhir pada Jumat (30/11/2018).

Penetapan status siaga darurat ini setelah melakukan rapat koordianasi Plt Gubernur Riau Wan Thamrim Hasyim yang diwakili Asisten I Ahmad Syah Harrofi bersama Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, TNI/Polri dan tim Satgas Penaggulangan Bencana di ruang rapat Kantor Gubernur Riau.

Kepala BPBD Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan, penetapan status siaga darurat ini diberlakukan mulai Jumat (30/11/2018) hingga 31 Desember 2018.

Menurut dia, status siaga darurat banjir dan tanah lonsor ini setelah lima kabupaten yakni, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Pelalawa, Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi dilanda banjir.

“Dengan status siaga darurat ini, Pemerintah Provinsi Riau melaui BPBD sudah melakukan upaya penanganan dalam bentuk bantuan logistik kepada daerah yang terpapar banjir,” katanya.

Selain itu, kata dia, Pemprov Riau mengimbau kepada masyarakat terutama yang tinggal di sepanjang bantaran sungai untuk selalu waspada karena sewaktu-waktu banjir datang. “Memasuki musim hujan dengan curah hujan tinggi ini, kewaspadaan masyarakat perlu ditingkatkan. Khususnya warga yang tinggal di dekat bantaran sungai,” katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: