Hilang Sepekan di Hutan Malinau Kaltara, Wisatawan asal Australia Berhasil Diselamatkan

Sindonews.com ยท Sabtu, 04 Januari 2020 - 22:12 WIB
Hilang Sepekan di Hutan Malinau Kaltara, Wisatawan asal Australia Berhasil Diselamatkan
Wisatawan asal Australia hilang di Hutan Malinau (Foto: iNews/Pen Raider 303/SSM Kostrad)

SAMARINDA, iNews.id - Stephen Leonard Camkin, wisatawan asal Australia sempat hilang selama sepekan di hutan Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara). Stepehen berhasil diselamatkan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Raider 303/SSM Kostrad.

Stephen ditemukan bersama pemandunya Mukhtar. Keduanya ditemukan dalam kondisi yang sangat lemah.

Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad Letkol Inf Taufik Ismail menjelaskan, saat ditemukan keduanya dalam kondisi sangat lemah. Warga Negara Australia ini tersesat karena pemandu lokal sedang berada di dalam hutan.

"Keduanya ditinggalkan dengan dibekali logistik yang terbatas. Kurang lebih seminggu mereka tersesat di dalam hutan, sebelum akhirnya ditemukan anggota kita," kata Taufik Ismail, Sabtu (4/1/2020) seperti dikutip dari Sindonews.com.

BACA JUGA:

Akses Jalan dan Jembatan di Sukajaya Bogor Rusak Berat

Mentan Syahrul Tantang Gubernur Bali Tingkatkan Ekspor Pertanian Organik

Dia menjelaskan awalnya mendapat dari informasi yang kemuian diterukan ke Komandan SSK I Pos Apauping Satagas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad, Lettu Inf Suhendra dari Kepala Desa Apauping. Selanjutnya delapan personel Satgas di bawah pimpinan Serda Satria Situmorang bersama warga lainnya langsung melakukan pencarian pada Kamis 2 Januari 2020.

"Setelah informasi itu diterima anggota, lalu anggota bersama warga langsung melakukan pencarian. Anggota masuk ke dalam hutan dan menyisir sekitaran Sungai Bahau," kata Taufik.

Keduanya berhasil ditemukan di hulu Sungai Bahau dalam kondisi lemah. Prajurit TNI selanjutnya mengevakuasi Stephen dan Mukhtar ke kediaman Kepala Desa Apauping sekaligus menunggu petunjuk lebih lanjut dari Polres Malinau.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq