Helikopter MI 17 Ditemukan, Kodam Cenderawasih Kirim Tim ke Pegunungan Bintang

Nathan Making, Antara ยท Rabu, 05 Februari 2020 - 15:11 WIB
Helikopter MI 17 Ditemukan, Kodam Cenderawasih Kirim Tim ke Pegunungan Bintang
Tim SAR gabungan mencari keberadaan helikopter MI 17 milik TNI AD yang jatuh di Pegunungan Bintang, Papua beberapa waktu lalu. (Foto: Antara)

JAYAPURA, iNews.id - Kodam XVII/Cenderawasih mengirimkan tim untuk memastikan kabar penemuan bangkai pesawat helikopter oleh masyarakat di Distrik Oksop, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Bangkai pesawat itu diduga Heli MI 17 No Reg HA 5138 yang dinyatakan hilang sejak 28 Juni 2019 lalu.

"Sehubungan dengan beredarnya foto-foto penemuan bangkai pesawat heli oleh masyarakat di Distrik Oksop, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab telah memerintahkan satuan TNI kewilayahan terdekat untuk memperoleh segala keterangan yang diperlukan dari masyarakat Distrik Oksop guna memastikan kebenaran informasi tersebut," kata Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi dalam siaran pers di Jayapura, Rabu (5/2/2020)

Sambil menunggu kepastian tentang informasi tersebut, kata dia, Kodam XVII/Cenderawasih akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

"Di antaranya Lanud Silas Papare, Polda Papua, Kantor Badan SAR Nasional wilayah Papua dan Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang untuk menyiapkan personel dan materiil yang diperlukan sebagai langkah proaktif guna mempersiapkan upaya evakuasi pada kesempatan pertama," katanya.

Telah beredar sejumlah foto-foto tentang sebuah helikopter yang jatuh di Oksob, Kabupaten Pegunungan Bintang dalam percakapan grup WhatsApp di Jayapura dan Papua pada umumnya.

Ada sekitar tiga hingga empat foto, di dalam foto menunjukkan puing-puing helikopter yang berserakan di hutan dan terlihat beberapa warga yang sedang berdiri.

Sementara foto lainnya, ada yang menunjukkan drum bahan bakar yang bertuliskan sebuah nama merek atau perusahaan, termasuk ada foto lainnya yang menunjukkan sekitar empat hingga lima pucuk senjata api laras panjang yang diduga milik institusi militer.

Pada akhir Juni 2019, helikopter milik TNI AD dinyatakan hilang dalam sebuah penerbangan dari Pegunungan Bintang tujuan Sentani, Kabupaten Jayapura.

Heli itu disebut-sebut tengah mengangkut beberapa prajurit TNI yang telah bertugas menjaga perbatasan RI-PNG.


Editor : Kastolani Marzuki