Hadirkan Banyak Keuntungan, AgenBRILink Mampu Tingkatkan Inklusi Keuangan
JAKARTA, iNews.id - AgenBRILink memiliki konsep sharing economy yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan sang agen.
Hal ini telah diakui oleh Fahrudin Saleh, pria berusia 28 tahun yang mengambil peluang menjadi AgenBRILink. Dia menyebut banyak keuntungan yang dirasakan.
“Ketika saya membuka jasa layanan keuangan AgenBRILink, tentunya yang saya sangat rasakan dan berdampak pada diri saya sendiri yang pertama adalah secara ekonomi. Tapi, dalam hal ini ada yang membuat saya merasa senang ketika saya bisa menyerap tenaga kerja. Kemudian saya jadi banyak tahu. Yang tadinya nggak tahu jadi tahu. Jadi nambah pengetahuan tentang perbankan,” katanya, Rabu (6/12/2023).
Fahrudin menjelaskan, bahwa BRI juga membantunya memberikan pelatihan yang diperlukan lewat kunjungan kerja petugas setiap bulan.
Pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, bahwa layanan AgenBRILink hadir untuk memudahkan masyarakat yang jauh di pelosok untuk bisa mengakses layanan perbankan.
Dalam layanan AgenBRILink, selain transaksi tarik tunai, juga terdapat layanan untuk kebutuhan harian masyarakat seperti pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA maupun pinjaman, dan transaksi lainnya.
“Masyarakat tidak perlu lagi ke bank untuk bertransaksi, namun dapat ke AgenBRILink yang berlokasi lebih dekat. Hal ini akan sangat membantu masyarakat untuk melakukan transaksi dengan cepat, mudah dan juga aman," ujarnya.
Penetrasi AgenBRILink pun semakin tinggi dalam meningkatkan inklusi keuangan.
Sebagai informasi, hingga September 2023 jumlah agen telah mencapai 698 ribu agen yang tersebar di 59.205 desa atau meng-cover lebih dari 80 persen dari total desa di Indonesia. Angka tersebut tumbuh sekitar 16,9 persen secara tahunan (year-on-year).
Editor: Anindita Trinoviana