Hadapi Pandemi, Pjs Gubernur Kepri Minta Wujudkan Pilkada 2020 Berkualitas

Tim iNews.id ยท Minggu, 25 Oktober 2020 - 13:57:00 WIB
Hadapi Pandemi, Pjs Gubernur Kepri Minta Wujudkan Pilkada 2020 Berkualitas
Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin. (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id - Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin meminta jajarannya menggelorakan pilkada berkualitas. Salah satunya menghadapi tantangan pandemi Covid-19.

"Upaya mewujudkan pilkada berkualitas harus diwujudkan dengan pemilih yang sehat dan cerdas, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Bahtiar saat mengikuti webinar pembekalan bagi pemilih sehat dan cerdas menuju pilkada berkualitas bersama Program Pasca Sarjana MAP UMRAH, Minggu (25/10/2020).

Menurut dia, peran civitas akademika sangat vital, maka Pemda pun harus terbiasa berdialog dengan dunia akademik. Sebab setiap pembuatan kebijakan pemerintahan harus membuat dengan konsep ilmu pengetahuan agar terukur secara objek, dan rasional.

Terkait Pilkada, Bahtiar mengaku memiliki tugas yang salah satunya merumuskan kebijakan tentang kepemiluan di Indonesia baik secara ilmu, konsep maupun praktek.

"Ketika awal covid itu muncul, semua tergagap-gagap menghadapinya, namun saat ini kondisi pada bulan 3 lalu berbeda. Sekarang ini kita sudah punya ilmu pengetahuan, kita tahu apa, siapa, struktur, kelemahan, metode perlindungan dan seterusnya terkait covid-19 ini," kata Bahtiar.

Dia juga menyebut ilmu pengetahuan itu dapat memberikan kepastian dan ilmu pengetahuan dapat mengalahkan ketakutan. "Untuk itu, kami mengajak semua untuk memberikan pemahaman yang benar tentang bagaimana kita melindungi diri dari covid-19 kepada masyarakat," kata Bahtiar.


Editor : Faieq Hidayat