Gunung Mas Kalteng Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir

Antara · Rabu, 01 Mei 2019 - 10:35:00 WIB
Gunung Mas Kalteng Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir
Ilustrasi banjir. (Foto: Antara)

KUALA KURUN, iNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas, Kalimantan Tengah (Kalteng), menetapkan status darurat bencana banjir menyusul banjir yang terjadi di sejumlah titik. Penetapan status ini untuk mengoptimalkan upaya-upaya pencegahan dan penanganan banjir.

“Kami mendapat laporan dari masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, baik itu di Sungai Kahayan, Rungan, Manuhing dan lainnya, menyampaikan bahwa wilayah mereka terendam banjir,” kata Bupati Gunung Mas Arton S Dohong di Kuala Kurun, Gunung Mas, Rabu (1/5/2019).

Arton mengatakan, banjir melanda sejumlah desa/kelurahan di 11 kecamatan, termasuk Kecamatan Sepang, Mihing Raya, Kurun, Tewah, Kahayan Hulu Utara, dan Kecamatan Damang Batu.

Sebagian desa/kelurahan di Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing dan Manuhing Raya, juga menghadapi banjir. Satu-satunya kecamatan yang tidak kebanjiran hanya Miri Manasa. Namun, satu desa di Miri Manasa menghadapi tanah longsor.

“Longsor yang terjadi memang tidak sampai mengenai badan jalan atau membuat badan jalan rusak. Namun, dikhawatirkan jika hujan kembali turun, maka akhirnya akan merusak badan jalan,” kata Arton.

Bupati telah meminta camat, kepala desa dan lurah segera melaporkan kondisi wilayah masing-masing, termasuk data warga yang terdampak banjir. Selanjutnya pemerintah daerah akan melakukan verifikasi data tersebut sebagai dasar untuk menyalurkan bantuan.

“Camat, kades dan lurah segera membuat laporan data penduduk yang terkena bencana, serta disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunung Mas sehingga pemerintah dapat segera memberi bantuan,” kata Arton.

Editor : Maria Christina