Gubernur Sulut Olly Dondokambey Cabut 42 Izin Tambang

Cahya Sumirat ยท Jumat, 31 Agustus 2018 - 09:03 WIB
Gubernur Sulut Olly Dondokambey Cabut 42 Izin Tambang
Gubernur Olly Dondokambey dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution tampak berbincang saat peringatan HKAN 2018 di Bitung. (Foto: Istimewa)

BITUNG, iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) membuktikan komitmennya dalam menjaga kelestarian alam. Dalam hal itu, pemprov mencabut izin usaha pertambangan (IUP) mau pun Kontrak Karya (KK) di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang luasnya di bawah 2.000 meter persegi.

"Kami sudah menutup 42 tambang supaya pelestarian alam lebih baik," kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yang disambut applause Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dan seluruh peserta saat acara peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) di Taman Wisata Alam (TWA) Batu Putih, Kota Bitung, Kamis (30/8/2018).

Olly sangat mendukung upaya konservasi melalui upaya pelestarian alam dengan mengakomodir kawasan hutan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Sulut.


"Kami maknai momentum peringatan Hari Konservasi Alam Nasional ini dengan mensyukuri karunia Tuhan akan anugerah sumber daya alam dan keanekaragaman hayati yang melimpah. Hal ini kami wujudkan melalui upaya konservasi untuk menjaga kelestarian alam dan kesinambungan daya dukung lingkungan sebagai warisan untuk generasi mendatang," ujarnya.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengapresiasi langkah Gubernur Olly atas komitmennya dalam melestarikan lingkungan. "Saya mengapresiasi bapak gubernur yang sangat gigih melestarikan alam. Ini harus menjadi sikap hidup dan budaya bangsa," ucapnya.

Siti mengatakan, kampanye konservasi alam harus terus menerus digaungkan oleh seluruh pemangku kepentingan. "Kehidupan manusia tergantung pada alam, pada sumber daya yang dihasilkan oleh ekosistem alam. Bila semua itu rusak atau musnah pasti berpengaruh kepada kehidupan kita juga," katanya.

Selain itu, pada HAKN 2018 juga dilakukan penandatanganan pernyataan konservasi alam oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Pernyataan itu merupakan komitmen menjadikan konservasi alam sebagai sikap hidup dan budaya bangsa Indonesia.

Agenda HKAN 2018 yang mengusung tema “Harmonisasi Alam dan Budaya” turut dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wali Kota Bitung, Max Lomban dan para peserta peringatan HAKN 2018 dari seluruh Indonesia.


Editor : Donald Karouw