Gubernur Papua Lukas Enembe Dirawat di RSPAD Gatot Soebroto

Antara ยท Selasa, 14 April 2020 - 14:35:00 WIB
Gubernur Papua Lukas Enembe Dirawat di RSPAD Gatot Soebroto
Gubernur Papua Lukas Enembe saat ini dirawat di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. (Foto: Dok Okezone)

JAYAPURA, iNews.idGubernur Papua Lukas Enembe dievakuasi ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Batik Air nomor penerbangan PK-LWB, Selasa (14/4/2020) dini hari sekitar pukul 01.20 WIT. Setibanya di Jakarta, Lukas langsung dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto.

Kepala Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura Harold Pical mengatakan, Gubernur Lukas Enembe dievakuasi didampingi keluarga dan dokter pribadi dengan menggunakan pesawat Batik Air. Jumlah penumpang seluruhnya 10 orang ditambah crew.

“Kondisi Gubernur Enembe dilaporkan stabil dan setibanya di Jakarta akan langsung dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto,” kata Harold Pical di Jayapura.

Mengenai penyakit yang diderita orang nomor satu di Papua itu, Pical mengaku tidak mengetahui dengan pasti. Namun, sebelum pesawat tersebut berangkat, baik penumpang maupun crew sudah diperiksa petugas KKP.

Sementara itu Pjs GM Bandara Sentani Anthonius Praptono mengatakan, pesawat Batik Air tiba sekitar pukul 00.01 Wit dan berangkat pukul 01.20 Wit. Pesawat itu sewaan.

“Memang ada pesawat charter masuk Selasa dini hari untuk mengevakuasi orang sakit tujuan Jakarta, namun tidak diketahui pasti siapa yang dievakuasi,” kata Anthonius.

Sementara dokter pribadi Gubernur Papua Lukas Enembe, dr Anton Mote mengatakan, keberangkatan orang nomor satu di Papua itu ke Jakarta Selasa dini hari, untuk melakukan check up kesehatan rutin.

“Beliau ke Jakarta hanya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin tahunan yang sempat tertunda,” kata dr Anton Mote.

Anton mengatakan, kondisi Gubernur Enembe dalam keadaan sehat. Bahkan, beberapa waktu lalu, dia sempat memimpin rapat dengan pejabat di Pemprov Papua.

Mote yang juga menjabat Dirut RSJ Abepura mengatakan, gubernur berangkat ke Jakarta menggunakan penerbangan biasa dan hanya membayar sesuai jumlah kursi. Gubernur berangkat didampingi keluarganya sementara dia tidak ikut.

Editor : Maria Christina