Gubernur NTT Instruksikan Bupati dan Wali Kota Larang Warga Makan di Rumah Makan

Antara, Nani Suherni ยท Kamis, 09 April 2020 - 12:30 WIB
Gubernur NTT Instruksikan Bupati dan Wali Kota Larang Warga Makan di Rumah Makan
Gubernur NTT Victor Buntilu Laiskodat (kiri) dan Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto: iNews/Emanuel Kau Suni)

KUPANG, iNews.id – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat melarang warga makan di rumah makan, untuk mencegah penyebaran Covid-19. Para bupati dan wali kota di NTT juga telah diinstruksikan untuk menerapkan larangan tersebut.

Larangan tersebut tertuang dalam Instruksi Gubernur NTT nomor:180.5.54/1/Kesbangpol, tertanggal 6 April 2020, tentang penggunaan masker, penyediaan sarana cuci tangan dan pelarangan makan di rumah makan.

Dalam instruksi gubernur yang berisikan delapan poin itu, bupati dan wali kota diminta untuk mewajibkan pemilik rumah makan, agar tidak melayani pengunjung yang memesan makan dan langsung makan di tempat.

“Masyarakat hanya boleh membeli makan di rumah makan, tetapi dibawa pulang dan dilarang untuk makan di rumah makan,” kata Gubernur NTT dalam surat edaran instruksi tersebut.

Selain melarang warga makan di rumah makan, gubernur juga menginstruksikan kepada para bupati dan wali kota untuk mewajibkan warganya mengenakan masker kain saat berada di luar rumah. Bupati dan wali kota juga diminta untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara pembuatan dan penggunaan masker.

Kemudian, menyediakan masker berbahan kain untuk dibagikan kepada para pedagang di pasar, sopir kendaraan umum, tukang ojek dan para pekerja lain di area publik.

Selanjutnya, melakukan penegakan dalam mencegah penyebaran Covid-19, dengan melarang masyarakat untuk keluar rumah atau ke ruang publik tanpa menggunakan masker secara persuasif. Terakhir, menyediakan air mengalir untuk mencuci tangan pada kantor pemerintah dan dan area publik.

Berdasarkan data laporan media harian Covid-19 tanggal 8 April 2020, pukul 12.00, belum ada laporan kasus positif Covid-19 di Provinsi NTT.


Editor : Maria Christina