Gempa Magnitudo 4,9, BPBD Lebak: Belum Ada Laporan Dampak Kerusakan

Antara ยท Senin, 29 Juli 2019 - 00:12:00 WIB
Gempa Magnitudo 4,9, BPBD Lebak: Belum Ada Laporan Dampak Kerusakan
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Istimewa)

LEBAK, iNews.id – Gempa magnitudo 5,2 mengguncang Bayah, Banten, Minggu (28/7/2019) pukul 21:25 WIB. Kekuatan gempa telah dimutakhirkan menjadi M 4,9 dan berpusat di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan infrastuktur maupun bangunan rumah warga akibat gempa bumi tersebut.

"Kami mengerahkan semua relawan kecamatan untuk melakukan pemantauan, khususnya di lokasi titik gempa," ujar Kaprawi saat dihubungi di Lebak, Banten, Minggu (28/7/2019).


Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisik (BMKG) pusat gempa berada 59 km Barat Daya Bayah, Banten atau sekitar 67 km Tenggara Muara Binuangeun-Banten. Berjarak 75 km Barat Daya Kabupaten Sukabumi, Jabar, 146 km Barat Daya Serang-Banten dan 164 km Barat Daya Jakarta.

Lokasi episenter gempa terletak pada 7.42 LS dan 106.03 BT. Gempa dengan kedalaman 10 Km ini dipastikan tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Kami hingga kini belum menerima laporan dari relawan kecamatan yang bertugas di wilayah selatan adanya kerusakan rumah warga maupun infrastruktur lainnya," katanya.

Menurutnya, BPBD Lebak siap melaksanakan evakuasi dan pertolongan jika terjadi kerusakan maupun korban akibat gempa. Saat ini, pihaknya siaga jika menerima laporan.

"Kami menyiapkan logistik dan peralatan evakuasi akibat gempa ini," tuturnya.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: