Gempa M 5,2 Guncang Yalimo Papua, BMKG: Getaran Dipicu Aktivitas Sesar Lokal

Umaya Khusniah ยท Sabtu, 07 Maret 2020 - 13:54:00 WIB
Gempa M 5,2 Guncang Yalimo Papua, BMKG: Getaran Dipicu Aktivitas Sesar Lokal
Gempa Yalimo, Papua. (Foto: BMKG)

JAKARTA, iNews.idGempa hari ini dengan kekuatan magnitudo 5,2 mengguncang Selatan Yalimo, Provinsi Papua, Sabtu (7/3/2020) pukul 11.37 WIB atau 13.37 WIT. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memutakhirkan kekuatan gempa menjadi magnitudo 4,9.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan, gempa ini berpusat di darat pada kedalaman 47 Km pada koordinat 3,95 lintang selatan (LS) dan 139,42 bujur timur (BT) atau sekitar 46 Km arah tenggara Kota Elelim, Kabupaten Yalimo.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar mendatar (strike slip)," ujar Rahmat, Sabtu (7/3/2020).

Getaran gempa bumi dirasakan di daerah Wamena dengan skala II-III MMI atau terasa nyata di dalam rumah seperti guncangan truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang timbul akibat gempa tersebut.

“Sampai saat ini belum ada aktivitas gempa susulan,” katanya.

BMKG mengimbau warga agar memeriksa dan memastikan bangunan yang retak atau rusak akibat gempa sebelum kembali ke rumah. Selain itu juga tidak muda terpengaruh isu yang tak dapat dipertanggungjawabkan perbuatannya.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: