Gempa Bumi M6,7 Guncang Maluku Tenggara Barat, Tidak Berpotensi Tsunami

Donald Karouw ยท Rabu, 26 Februari 2020 - 15:12 WIB
Gempa Bumi M6,7 Guncang Maluku Tenggara Barat, Tidak Berpotensi Tsunami
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.idGempa bumi Magnitudo 6,7 mengguncang kawasan Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku, Selasa (26/2/2020), pukul 14.33 WIB. Gempa tektonik di Kabupaten Kepulauan Tanimbar tersebut dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 7,50 Lintang Selatan (LS) dan 131,11 Bujur Timur (BT).

“Gempa bumi berjarak 56 kilometer (km) dari arah Barat Laut Maluku Tenggara Barat. Sementara kedalaman gempa bumi 28 km,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Saumlaki dalam skala intensitas IV MMI, yakni bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Kemudian di Tual dalam skala intensitas II MMI. Dalam skala ini, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) hingga pukul 14.50 WIB.


Editor : Maria Christina