Gempa Bumi M5 Guncang Morowali Sulteng, Getaran Terasa Kuat di Bahodopi

Kastolani ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 19:20:00 WIB
Gempa Bumi M5 Guncang Morowali Sulteng, Getaran Terasa Kuat di Bahodopi
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Gempa bumi tektonik bermagnitudo M5 mengguncang Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu (17/6/2020), pukul 18.10.22 WIB. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Menurut analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi berada di titik koordinat 2,76 Lintang Selatan (LS) dan 122,13 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di laut, berjarak 26 kilometer (km) dari arah Tenggara Moeowali. Sementara kedalaman gempa bumi 10 km.

Berdasarkan laporan yang diterima BMKG dari masyarakat, guncangan gempa bumi tersebut dirasakan dalam skala intensitas IV-V Modified Mercalli Intensity (MMI) di Bahodopi. Dalam skala V MMI, getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, dan bandul lonceng dapat berhenti.

Gempa juga dirasakan dalam skala intensitas IV MMI di Bungku. Jika terjadi pada siang hari, guncangan dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang. Selain itu, guncangan bisa mengakibatkan gerabah pecah, jendela serta pintu berderik, dan dinding berbunyi.

Selain itu, guncangan gempa bumi dirasakan dalam skala intensitas II-III MMI di Malili. Untuk skala II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara dalam skala III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Editor : Maria Christina