Gempa Bumi M4,9 Guncang Lebak Banten, Terasa hingga Pandeglang dan Sukabumi

Kastolani ยท Senin, 17 Februari 2020 - 19:52 WIB
Gempa Bumi M4,9 Guncang Lebak Banten, Terasa hingga Pandeglang dan Sukabumi
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.idGempa bumi bermagnitudo 4,9 mengguncang Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Senin (17/2/2020), pukul 19.11 WIB. Guncangan gempa dirasakan di sejumlah wilayah di Banten hingga Banjarsari dan Sukabumi, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Menurut analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 7,36 Lintang Selatan (LS) dan 106,03 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di laut, berjarak 91 kilometer (km) dari arah Barat Daya Lebak. Sementara kedalaman gempa bumi 10 km.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

Guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di banyak wilayah, masing-masing dengan skala intensitas III MMI. Wilayah tersebut yakni, Cikotok, Cihara, Bayah, Malingping, Rangkasbitung, Ciptagelar, Panyauangan, Cilograng, Pandeglang. Guncangan juga dirasakan di wilayah Banjarsari dan Sukabumi, Jawa Barat, juga dalam skala intensitas III MMI. Dalam skala III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Hingga kini, BMKG belum menerima laporan dari warga mengenai dampak gempa bumi M4,9 tersebut yang mengakibatkan kerusaka bangunan dan korban jiwa.


Editor : Maria Christina