Gempa Bumi Jayapura M6,3 Berpusat di Darat, Terasa di Sentani, Wamena, hingga Serui

Felldy Utama ยท Minggu, 19 Januari 2020 - 01:07 WIB
Gempa Bumi Jayapura M6,3 Berpusat di Darat, Terasa di Sentani, Wamena, hingga Serui
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.idGempa bumi bermagnitudo 6,3 di Barat Laut Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, pada Sabtu malam (18/1/2020), pukul 23.38 WIB, berpusat di darat. Sementara kedalaman gempa bumi mencapai 56 kilometer.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya menyebutkan, episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 2,71 Lintang Selatan (LS) dan 139,64 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berjarak 39 kilometer (km) dari arah Barat Laut Kabupaten Jayapura. Gempa tidak berpotensi tsunami.

 

BACA JUGA: Gempa Bumi Magnitudo 6,3 Guncang Jayapura, BMKG Pastikan Tak Berpotensi Tsunami

 

Guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di tujuh wilayah di Papua. Di Jayapura, gempa bumi ini dirasakan dalam skala intensitas III-IV MMI. Sementara di Sentani dalam skala intensitas IV MMI, III-IV MMI di Sarmi, III MMI di Yahukimo. Kemudian skala intensitas III MMI di Keerom, II-III MMI di Wamena, dan II-III di Serui.

Dalam skala II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara skala III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Untuk skala IV MMI, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela dan pintu berderik, serta dinding berbunyi.


Editor : Maria Christina