Gempa Banten, BPBD Pandeglang: 16 Kecamatan di Pandeglang Terdampak Bencana

Iskandar Nasution ยท Jumat, 14 Januari 2022 - 21:39:00 WIB
Gempa Banten, BPBD Pandeglang: 16 Kecamatan di Pandeglang Terdampak Bencana
Rumah warga di Kabupaten Pandeglang rusak akibat Gempa Banten, Jumat (14/1/2022). (Foto: iNews TV/Iskandar Nasution)

PANDEGLANG, iNews.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten menyebutkan ada 16 kecamatan di Kabupaten Pandeglang yang terdampak Gempa Banten dengan Magnitudo 6,7, Jumat (14/1/2022) sore. 

Sebagian warga saat ini mengungsi ke tempat yang lebih aman akibat rumah mereka rusak terkena guncangan keras. 

Kepala Pelaksana BPBD Banten, Nana Suryana mengatakan, ada beberapa rumah di 16 kecamatan yang rusak akibat gempa Banten.

“Ya, memang ada beberapa kerusakan baik bangunan rumah masyarakat maupun bangunan sosial. Seperti di Pandeglang, Rangkasbitung, Lebak dan beberapa kecamatan di Pandeglang. Tapi, datanya masih kita koordinasikan,” katanya.

Selain merusak sejumlah bangunan rumah dan fasilitas umum, kata dia, ada beberapa warga yang luka tertimpa bangunan material rumah.

“Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada (korban jiwa). Hanya memang ada sejumlah warga yang luka-luka terkena reruntuhan material bangunan,” katanya.

Nana mengatakan, sampai dengan saat ini sudah terjadi lima kali gempa susulan meskipun Magnitudonya lebih kecil dari gempa pertama. “Sudah ada lima kali gempa susulan sampai saat ini,” ucapnya.

Ketua RT Desa Tanjung Jata, Bulung mengatakan, ada dua rumah warga yang rusak parah akibat guncangan gempa.

Salah satu rumah rusak parah yakni milik Casem. Saat ini penghuni rumah telah mengungsi ke tempat yang lebih aman karena khawatir terjadi gempa susulan.

“Ada dua rumah warga roboh karena gempa. Saat ini, pemilik rumah mengungsi ke tempat aman,” ucapnya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: