Geger Puting Beliung di Perairan Banggai Sulteng, Warga Panik hingga Mengungsi

Jemmy Hendrik ยท Jumat, 19 Maret 2021 - 21:48:00 WIB
Geger Puting Beliung di Perairan Banggai Sulteng, Warga Panik hingga Mengungsi
Pusaran angin puting beliung di perairan Banggai membuat panik warga, Jumat (19/3/2021). (Foto: MNC Portal/Jemmy Hendrik)

BANGGAi, iNews.id – Warga Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng) digegerkan dengan pusaran angin puting beliung di laut, Jumat (19/3/2021). Warga pun panik berhamburan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Kemunculan pusaran angin puting beliung di perairan Banggai itu terekam video amatir warga. Sontak, fenomena itu menghebohkan warga. Mereka lalu berlari menyelamatkan diri mencari tempat yang lebih aman dari terjangan angin tersebut. 

Prokester BMKG Kelas II Palu, Affan mengatakan, fenomena alam yang terjadi di Kabupaten Banggai berupa pusaran angin puting beliung di tengah laut memang terbilang jarang terjadi.

“Fenomena alam ini bernama waterspout (belalai air). Pusaran angin ini terjadi akibat perkempulan awan cumulonimbus dan ditambah angin cukup kencang,” paparnya.

Menurut Affan, waterspout ini memang jarang terjdi di sebuah kota. Kemunculan waterspout tersebut cukup membahayakan bagi para nelayan tradisional karena angin waterspout bisa mengangkat perahu bahkan meneggelamkannya.

“Sedangkan untuk masyarakat di daratan, bahayanya tidak begitu besar. Sebab, angin puting beliung atau waterspout ini terjadi hanya di permukaan laut lepas,” katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: