Gajah Liar Hancurkan 3 Pondok Warga di Kampar Riau, Tak Ada Korban Jiwa

Muhammad Yusuf ยท Kamis, 03 Februari 2022 - 07:54:00 WIB
Gajah Liar Hancurkan 3 Pondok Warga di Kampar Riau, Tak Ada Korban Jiwa
Sekelompok gajah liar hancurkan pondok rumah warga di Kampar, Riau (Foto: Antara/Irwansyah Putra)

KAMPAR, iNews.id - Sekelompok gajah liar merusak tiga pondok rumah warga Kecamatan Tapung Hilir, Kampar, Riau. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam pengerusakan ini.

Kabid Teknis BBKSDA Riau, Mahfud mengatakan, insiden ini terjadi pada Rabu (2/2/2022). Menurutnya, gajah itu berasal dari kantong Gajah Tahura. Akibatnya, seluruh isi rumah yang terbuat dari papan hancur porak poranda dan nyaris rata dengan tanah.

"Tidak ada korban jiwa dalam pengerusakan ini. Saat gajah datang, penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri," ata Mahfud, Kamis (3/2/2022).

Dia menambahkan, konflik gajah liar dengan manusia di kecamatan Tapung dan Minas kerap terjadi. Pasalnya, daerah itu sudah berubah menjadi perkebunan sawit.

"Gajah liar kerap keluar masuk kampung dan kebun warga, karena kawasan itu merupakan lintasan gajah liar. Sekitar 40 kilometer dari lokasi merupakan kawasan kantong gajah liar dari taman hutan raya," paparnya.

Saat ini, lanjut Mahfud, pihak BKSDA Riau sudah melakukan upaya pengusiran gajah dengan cara konvensional dengan membunyikan mercon dan meriam.

Sebelumnya, seorang petani sawit di Riau tewas diinjak gajah liar. Jenazah korban saat ditemukan dengan kondisi mengenaskan lantaran tulangnya banyak yang patah hingga usus keluar.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: