Dukung Ketahanan Pangan, Jenderal Jannie dan Bupati Kolaka Tanam Jagung

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 11:27:00 WIB
Dukung Ketahanan Pangan, Jenderal Jannie dan Bupati Kolaka Tanam Jagung
Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, jenderal pertama yang pimpin Korem 143/HO. (Foto: Penmrem 143)

KOLAKA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka, Sulawesi Tenggara bersama dengan Korem 143/HO melakukan penanaman jagung di perkebunan Kelurahan Mangolo, Kecamatan Latambaga. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya mendukung ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19, sekaligus bagian dari TNI manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108.

Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan mengatajan, sinergitas yang telah terbangun selama ini menjadi modal bersama untuk bersama-sama membangun dan memajukan Kabupaten Kolaka.

"Saya senang dan bangga serta berterima kasih kepada Bapak Bupati dan Muspida Kabupaten Kolaka karena dalam kunjungan perdana saya sebagai Danrem 143 ini, kami memiliki kesamaan dan tekad untuk mencegah penyebaran Covid-19," ujar Jenderal bintang satu tersebut, Kamis (18/6/2020).

Jannie mengungkapkan, kehadiran TNI di tengah masyarakat tidak saja untuk menjaga keamanan wilayah, tetapi juga menjadi bagian solusi bagi rakyat dalam mengatasi kesulitan.

"Kita semua harus bisa menjaga ketahanan pangan di wilayah masing–masing. Ini juga selaras dengan tema TMMD 108 yaitu Pengabdian Untuk Negeri. Artinya TNI hadir di tengah masyarakat Kolaka untuk bersama-sama memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," kata Jannie.

Danrem mengajak semua pihak bersinergi dan bergandeng tangan untuk bersama–sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta menyelamatkan rakyat. "Tentunya dengan tetap melaksanakan semua protokol kesehatan di setiap kegiatan," ucapnya.

Kapenrem 143/HO Mayor Arm Sumarsono menambahkan, penanaman jagung ini dilakukan Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan bersama Bupati Ahmad Safei dan unsur Muspida Kabupaten Kolaka.

"Kegiatan ini dalam rangka mendukung ketahanan pangan, khususnya saat pandemi Covid-19. Ini penting, karena Covid-19 sulit diprediksi sehingga alternatif yang mendesak yaitu bagaimana kita semua mampu bertahan di tengah situasi ini," ujarnya.

Menurutnya, langkah yang dilakukan Korem bersama pemda dan berbagai instansi terkait merupakan bukti komitmen sinergi bersama dalam memutus mata rantai Covid-19.

"Sebagaimana disampaikan Danrem, mitigasi pandemi corona harus dilakukan menyeluruh dan melibatkan semua pihak. Kita semua harus bersatu melakukan langkah nyata perang melawan Covid-19," katanya.

Bupati Kolaka Ahmad Safei mengapresiasi upaya nyata jajaran Korem 143 dalam membantu pemda menangani pandemi Covid-19 dan  kesulitan yang dihadapi masyarakat.

"Menjadi kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi kami bisa merasakan kembali Program TMMD. Saya mewakili jajaran pemerintahan dan masyarakat Kolaka sangat berterima kasih kepada Bapak Danrem dan jajarannya. Semoga TMMD bisa berjalan sukses, bersama rakyat TNI kuat,” ucap Bupati.

Selain penanaman jagung, rombongan juga mengunjungi Kompi Senapan B Yonif 725/Woroagi serta meninjau sasaran TMMD 108. Yaitu pengerjaan tribun lapangan sepak bola di Desa Watalara, Kecamatan Baula, pembangunan rehab Masjid Nurul Iman di Desa Lemedai, serta pembuatan tanggul dan rehab 30 unit rumah suku Bajo di Desa Anaiwoi, Kecamatan Tanggetada.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: