Diusung PDIP di Pilkada Bengkalis, Iyeth Bustami: Saya Benci dengan Korupsi

Sindonews, Banda Haruddin Tanjung ยท Rabu, 12 Agustus 2020 - 16:00:00 WIB
Diusung PDIP di Pilkada Bengkalis, Iyeth Bustami: Saya Benci dengan Korupsi
Pedangdut Iyeth Bustami-Kaderismanto siap bertarung di Pilkada Bengkalis 2020. (Foto: SINDOnews)

PEKANBARU, iNews.id – Pedangdut Iyeth Bustami mendapat rekomendasi dari DPP PDIP untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bengkalis, Riau. Iyeth yang merupakan kader PKB itu akan mendampingi Kaderismanto dari PDIP.

Iyeth mengaku akhirnya memutuskan untuk mendampingi Kaderismanto di Pilkada Bengkalis karena pasangannya mempunyai komitmen bersama untuk tidak korupsi dan memberantas korupsi.

"Untuk itulah saya putuskan untuk maju dan bisa berbuat yang terbaik untuk kampung halaman saya. Saya benci dengan korupsi," kata pelantun Laksmana Raja di Laut itu, Rabu (12/8/2020).

Menurut Iyeth, kesediaannya maju di Pilkada Bengkalis bersama Kaderismanto untuk bersama-sama memberantas kasus korupsi yang belakangan ini marak terjadi di kampung halamannnya itu.

Seperti diketahui Bupati Bengkalis nonaktif, Amril Mukminin ditahan KPK karena kasus suap proyek jalan. Tidak lama setelah itu Wakil Bupati Bengkalis yang diangkat menjadi Plt Bupati Bengkaalis, menggantikan Amril juga terkena kasus suap proyek pengadaan pipa PDAM dan kini sudah ditangkap polisi setelah lima bulan menjadi buronanan.

"Saya sedih melihat banyak kepada daerah di tempat saya itu melakukan korupsi. Ini mencemarkan kampung halaman saya. Saya sedih ada yang berkhianat di kampung kita," katanya.

Oleh karena itu sebelum memutuskan dipinang oleh Kaderismanto, dirinya terlebih dahulu melihat rekam jejaknya. Rekam jejak utamanya adalah pasangannya yang akan maju untuk Pilkada Bengkalis harus terbebas dari perkara korupsi.

Adanya kepala daerah di Bengkalis yang terjerat korupsi membuat Penyanyi Wanita Terbaik Versi Anugerah Dangdut TPI (MNCTV) 2003 itu malu di mata teman-teman. Dengan profesinya sebagai seniman, dia selalu berupaya mengharumkan nama daerah melalui karyanya di bidang seni.

"Selama hidup di Jakarta saya selalu membanggakan kampung halaman kepada teman-teman. Jadi teman teman sangat tau kampung halaman saya Bengkalis. Jadi saya memang selalu mempromosikan Bengkalis  dan Budaya Melayu di Riau," katanya.

Kaderismanto mengatakan, DPP PDIP telah merekomendasikan pasangan Kaderismanto-Sri Barat (Iyeth Bustami) di Pilkada Bengkalis. PDIP akan berkoalisi dengan PKB.

"Alhamdulillah kita dipercaya DPP PDIP untuk maju di Pilkada Bengkalis . Di legeslatif kita memiliki enam kursi sedangkan PKB tiga kursi. Jadi sudah mencukupi untuk maju. Ibu Iyeth ini kan kader dari PKB," katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: