Detik-Detik Penangkapan Kurir Narkoba di Bandara Soetta, Sabu Disembunyikan dalam Sandal

Mahesa Apriandi ยท Rabu, 20 Oktober 2021 - 17:52:00 WIB
Detik-Detik Penangkapan Kurir Narkoba di Bandara Soetta, Sabu Disembunyikan dalam Sandal
Rekaman video penangkapan kurir sabu di Bandara Soekarno Hatta oleh petugas BNNP Banten. (Foto: iNews/Mahesa Apriandi)

TANGERANG, iNews.id - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten menangkap kurir sabu di Bandara Soekarno-Hatta. Kurir tersebut membawa narkotika jenis sabu seberat 500 gram yang disembunyikan di dalam sandal.

Detik-detik penangkapan kurir asal Medan, Sumatera Utara berinisial R itu terekam dalam video amatir. Dia ditangkap di area kedatangan domestik terminal 2 Bandara Soetta.

Petugas BNNP Banten kemudian menggeledah R dalam suatu ruangan. Petugas tampak membuka alas sandal pelaku dengan pisau yang ternyata berisi sabu.

"Dari interogasi barang ini berasal dari Aceh," ujar Kepala BNNP Banten Brigjen Hendri Marpaung dalam rilis perkara, Rabu (20/10/2021).

Pelaku R kemudian membawa sabu itu dari Bandara Kualanamu Medan menuju Bandara Soekarno Hatta Tangerang. "Pengakuannya untuk diedarkan di Banten dan sekitarnya," katanya.

Pelaku juga mengaku mendapat upah Rp10 juta untuk sekali mengirimkan sabu. Diduga pelaku sudah beberapa kali melakukan aksi menyelundupkan sabu lewat jalur udara.

"Pada waktu kita lakukan penangkapan dia santai rileks dan tidak ada ekspresi ketakutan," ujarnya.

Barang bukti sabu tersebut selanjutnya dimusnahkan BNNP Banten dengan cara dilarutkan dalam air mendidih.

Pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka dengan jeratan Pasal 114 ayat 2 dan atau Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: