Demo Pelajar SMA 9 Kendari Tolak Kepsek Baru di Kantor Dikbud Ricuh

Febriyono Tamenk ยท Senin, 19 Oktober 2020 - 15:25:00 WIB
Demo Pelajar SMA 9 Kendari Tolak Kepsek Baru di Kantor Dikbud Ricuh
Puluhan pelajar SMA negeri 9 Kendari saat melakukan demo di Kantor Dikbud Sultra.( Foto: iNews/Febriyono Tamenk)

KENDARI, iNews.id - Puluhan pelajar SMA Negeri 9 Kendari dan alumni sekolah melakukan aksi demo menolak kepala sekolah (kepsek) baru di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (19/10/2020). Aksi demo itu berlangsung ricuh setelah para siswa dan alumni memaksa masuk ke kantor Dikbud untuk bertemu kepala dinas (kadis).

Namun, upaya massa dihalang-halangi petugas Satpol PP hingga terlibat saling dorong.

"Kami meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra mencopot kepala sekolah yang baru, karena dapat merusak citra SMA 9 Kendari yang selama ini bersih dan baik," ujar Risa, alumni SMA Negeri 9 yang ikut dalam aksi.

Melihat situasi yang kian memanas, akhirnya Kepala Dinas Pendidikan Sultra Asrun Lio, mau menemui pendemo.

Dia berjanji jika ditemukan adanya pelanggaran hukum yang pernah dilakukan oleh kepsek yang baru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra segera melakukan evaluasi. "Jika hasil temuan benar kepsek baru terlihat hukum, maka akan segera diganti," katanya.

Sementara di gedung SMA Negeri 9 Kendari, aksi mogok belajar masih terus berlangsung. Para pelajar menolak mengikuti proses belajar mengajar, jika kepsek baru belum dicopot.

Editor : Kastolani Marzuki