Demo Hari Tani di Pidie Aceh Ricuh, Mahasiswa Segel Kantor Bupati

Jamal Pangwa ยท Kamis, 24 September 2020 - 21:45:00 WIB
Demo Hari Tani di Pidie Aceh Ricuh, Mahasiswa Segel Kantor Bupati
Massa mahasiswa menyegel Kantor Bupati Pidie Aceh menuntut kesejahteraan para petani dalam aksi Hari tani nasional. (Foto: iNews/Jamal Pangwa)

PIDIE, iNews.id – Aksi demonstrasi mahasiswa memeringati Hari Tani Nasional di depan Kantor Bupati Pidie, Aceh berakhir ricuh, Kamis (24/9/2020). Para pendemo menyegel kantor bupati karena kecewa aksi mereka tidak ditanggapi sang bupati.

Aksi tersebut dihalang-halangi petugas Polres Pidie. Sempat terjadi aksi saling dorong antara massa dengan polisi.

Kericuhan reda setelah Wakil Bupati Pidie Fadhullah TM Daud  menemui para mahasiswa. Meski demikian, para pendemo tidak puas dan tetap meminta Bupati Pidie Roni Ahmad turun menemui mereka.

Massa bahkan mengancam akan datang lagi dengan jumlah yang lebih besar untuk menuntut kesejahteraan para petani.

Massa mulai melakukan aksinya dengan berkumpul di Bundaran Kota Sigli. Mereka kemudian berjalan kaki menuju kantor bupati sambil berorasi.

Adapun tuntutan yang mereka suarakan yaitu persoalan kelangkaan pupuk subsidi, meminta pemerintah memberikan asuransi kepada petan, wujudkan kesediaan benih unggulan agar terhindar dari benih ilegal, harga jual gabah petani rendah, terapkan HET yang berpihak ke petani, serta pembangunan infrastruktur yang memadai dan juga memungsikan waduh yang sudah ada.


Editor : Kastolani Marzuki