Datangi Lembata, Jokowi Minta Kebutuhan Pengungsi di NTT Tercukupi

Dita Angga ยท Jumat, 09 April 2021 - 14:56:00 WIB
Datangi Lembata, Jokowi Minta Kebutuhan Pengungsi di NTT Tercukupi
Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja meninjau lokasi bencana di NTT. (Foto Biro Pers Setpres).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi lokasi bencana banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT). Jokowi meminta kebutuhan pengungsi tercukupi.

"Untuk pengungsian juga sudah dipastikan untuk logistiknya cukup. Hanya tadi ada dari masyarakat menyampaikan bahwa BBM-nya mahal. Saya terima (masukannya)," kata Jokowi, Jumat (9/4/2021).

Jokowi mendatangi Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata. Jokowi melihat langsung dampak kerusakan akibat banjir bandang yang melanda desa itu. Lembata merupakan wilayah yang paling parah diterjang banjir bandang.

"Siang hari ini saya berada di Desa Amakaka, di mana bencana banjir bandang yang ada di Kabupaten Lembata ini korbannya paling banyak," ujarnya.

Jokowi juga mengunjungi warga setempat yang kini tengah berada di lokasi pengungsian di Kantor Kecamatan Ile Ape.

Selain menemui para pengungsi dan ingin memastikan bahwa segala kebutuhan warga telah tercukupi, Jokowi juga mendengarkan sejumlah keluhan masyarakat setempat yang nantinya akan ditindaklanjuti selama proses penanganan.

Jokowi mengatakan dirinya telah berbicara dengan Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur. Jokowi meminta keduanya segera menangani korban.

Mendampingi Jokowi dalam peninjauan di antaranya yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala BNPB Doni Monardo, Kepala Basarnas Henri Alfiandi

Editor : Reza Yunanto