Dampak Karhutla Riau, 1.136 Warga Terjangkit ISPA

Okezone, Banda Haruddin Tanjung ยท Selasa, 06 Agustus 2019 - 03:30 WIB
Dampak Karhutla Riau, 1.136 Warga Terjangkit ISPA
Warga mulai mengalami gangguan pernapasan akibat kabut asap karhutla. (Foto: Dok iNews).

PEKANBARU, iNews.id - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Pekanbaru, Riau, kian meresahkan warga. Dampaknya, lebih dari seribu warga terjangkit penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Maisel Fidayesi mengatakan, dalam satu pekan ini sebanyak 1.136 warga Pekanbaru positif terkena penyakit ISPA atau gangguan pernapasan.

"Berdasarkan pendataan kita di semua Puskesmas dari 29 Juli sampai 3 Agustus 2019, ada 1.136 warga terkena ISPA," kata Maisel Fidayesi kepada wartawan, Senin (5/8/2019).

Warga juga diimbau agar mengurangi aktivitas di luar luar. Bila harus ke luar, disarankan menggunakan masker. Pihak Pemkot Pekanbaru telah membagikan masker ke sejumlah warga, namun mereka yang belum dapat bisa membelinya.

"Bagi warga yang belum memiliki masker bisa membelinya karena harganya juga terjangkau," ujar dia.

Namun data yang dilansir Dinkes Kota Pekanbaru dengan yang dimiliki Dinkes Provinsi Riau jauh berbeda. Pemprov Riau menyebut penderita ISPA di Pekanbaru hanya 258 orang rentan waktu dari Januari hingga Juli 2019.

Berdasarkan data dari BMKG, hari ini kota Pekanbaru diselimuti asap dan jarak pandang hanya 1,5 kilometer. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) saat ini berada di level tidak sehat.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal