Curi Pistol Polisi dalam Kantor Polsek di Jambi, Residivis Ini Tewas Ditembak

Adrianus Susandra · Sabtu, 24 Agustus 2019 - 16:18 WIB
Curi Pistol Polisi dalam Kantor Polsek di Jambi, Residivis Ini Tewas Ditembak
Suanana baku tembak antara petugas gabungan dengan pelaku pencurian senpi milik Kanit Reskrim Polsek Pauh. (Foto: iNews/Adrianus Susandra)

JAMBI, iNews.id – Madan Saifudin Harahap (24), residivis kasus narkotika yang belum lama bebas bersyarat dari penjara tewas diterjang timah panas petugas. Polisi terpaksa mengambil langkah tegas setelah pelaku nekat mencuri ponsel dan pistol milik kepala unit (kanit) reserse kriminal (reskrim) Polsek Pauh di Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jambi Kombes Pol Edi Faryadi mengungkapkan, kronologi kejadian ini berawal saat pelaku datang ke Mapolsek Pauh, Jumat (23/8/2019). Dia berpura-pura membuat laporan polisi di polsek setempat. Namun begitu melihat ada celah, pelaku memanfaatkan kesempatan untuk mencuri.

Dia masuk ke dalam ruang kanit yang sedang kosong dan mengambil pistol yang tersimpan dalam laci meja. Tak hanya itu, pelaku bahkan mencuri ponselnya yang ada dalam ruangan.

Setelah serangkaian penyelidikan, pelaku yang baru keluar dari Lapas Merah Mata Palembang, berhasil diketahui keberadaannya. Selanjutnya, petugas gabungan dari Polres Sarolangun, Polres Muaro Jambi dan dukung personel Resmob Ditreskrium Polda Jambi turun ke wilayah Kumpeh Ilir, yang ditengarai menjadi tempat persembunyiaan pelaku.

Namun saat akan dilakukan penyergapan, pelaku justru melepaskan tembakan dari pistol hasil curian tersebut. Kontak senjata pun tak terelakan. Petugas gabungan mengepungnya dan mendesak pelaku hingga memasuki persawahan.

Dalam baku tembak tersebut, pelaku akhirnya terkapar. Dia menderita luka tembak dan berhasil dilumpuhkan petugas. Namun nyawanya tak tertolong akibat luka tembak di bagian dada.

“Jadi pelaku ini residivis. Dia mencuri ponsel dan senpi milik salah satu kanit di polsek jajaran Polres Sarolangun. Pelaku yang akan diamankan melawan hingga terjadi baku tembak,” ujar Faryadi,” Sabtu (24/8/2019).

Pelaku diketahui merupakan warga asal Padangsidimpuan, Sumatera Utara. Dia tewas dalam baku tembak dengan anggota di Desa Bungur, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Jenazah pelaku langsung dievakuasi ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Jambi untuk dilakukan visum dan autopsi. Kemudian telah diambil keluarga untuk dimakamkan di kampung halamannya.


Editor : Donald Karouw