Curah Hujan Tinggi, Warga di Sulut Waspada Banjir dan longsor

Cahya Sumirat ยท Sabtu, 15 Desember 2018 - 11:12 WIB
Curah Hujan Tinggi, Warga di Sulut Waspada Banjir dan longsor
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

MANADO, iNews.id – Hujan mengguyur sejumlah daerah di Sulawesi Utara (Sulut) setiap harinya dalam beberapa waktu terakhir. Masyarakat pun diimbau untuk tetap waspada mengantisipasi bahaya banjir dan longsor yang bisa datang sewaktu-waktu.

Prakirawan BMKG Manado Mega Cristy Indriyani mengatakan, prakiraan cuaca sepanjang hari ini berpotensi terjadinya hujan, Sabtu (15/12/2018). Berdasarkan data analisa, pagi ini hujan intensitas tinggi yang dapat disertai petar/kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Bitung, Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Kotamobagu, Bolmong, dan Bolmong Utara.

“Hujan juga bisa meluas ke wilayah Manado, Tomohon, Bolmong Timur, Bolmong Selatan, Kepulauan Sitaro, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga siang,” kata Mega, Sabtu (15/12/2018).

BACA JUGA: Hujan Deras Sejak Sore, Puluhan Rumah di Cimahi Terendam Banjir

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengungkapkan, permasalahan bencana alam bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, melainkan semua pihak yang berdiam di muka bumi ini. Secara geografis, Sulut terletak di tepi pantai laut Sulawesi yang berpotensi menyebabkan daerah ini diterpa bencana banjir, terlebih karena curah hujan yang tinggi.

"Dalam konteks itu, maka kesiapsiagaan sangat penting. Komunikasi, koordinasi dan sinergitas dalam penanggulangan bencana sangat penting demi mewujudkan Sulawesi Utara yang tangguh dan siaga terhadap bencana alam," kata Olly, saat pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam yang di Lapangan Robert Wolter Monginsidi, Manado, Jumat (14/12/2018).


Editor : Donald Karouw