Cawapres KH Ma'ruf Amin Hadiri Perayaan Hari Santri di Bumi Kalimantan

Dony Aprian ยท Selasa, 23 Oktober 2018 - 09:36:00 WIB
Cawapres KH Ma'ruf Amin Hadiri Perayaan Hari Santri di Bumi Kalimantan
Cawapres Kiai Ma'ruf Amin saat disambut begitu tiba di Palangkaraya, Kalteng. (Foto: Istimewa)

Jakarta, iNews.id – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor Urut 01, KH Ma'ruf Amin mengunjungi Pulau Kalimantan, Selasa (23/10/2018). Inilah kunjungan pertama kalinya Kiai Ma'ruf ke Kalimantan setelah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pendamping Jokowi di Pemilu 2019.

Setelah melakukan serangkaian safari dan roadshow ke beberapa kota di Pulau Sumatera dan Jawa. Kali ini yang dituju oleh Kiai Ma'ruf yakni wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), tepatnya di Kota Palangkaraya.

“Hari ini saya akan melakukan kegiatan di Bumi Kalimantan, khususnya di Palangkaraya. Kunjungan saya ini masih terkait dengan Hari Santri,” kata Kiai Ma'ruf, Selasa pagi (23/10) di Palangkaraya.


Menurutnya, peringatan Hari Santri penting untuk selalu mengingatkan kembali akan peran pentingnya para santi terdahulu dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesial. Karena itu santri juga wajib mengambil peran dalam mengisi pembangunan bangsa. Apalagi di era global dan digital saat ini, dimana ada kecenderungan hoaks serta politik adu domba yang merajalela.

“Tentunya para santri bisa menangkal semakin berkembangnya kabar hoaks. Saya berharap, para santri juga meningkatkan kapasitas dan kompetensinya,” ujar Kiai Ma'ruf.

Selain itu, perayaan Hari Santri juga menjadi pengingat peran penting Pemerintah yang mengakui peran santri di dalam usaha kemerdekaan bangsa. Setelah 70 tahun Indonesia merdeka, baru di era Presiden Jokowi dilakukan penetapan Hari Santri.

Penetapan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Dimana pada 2018 ini, pemerintah menetapkan tema Hari Santri 2018 yakni ‘Bersama Santri Damailah Negeri’. “Tak ada Jokowi, maka tak ada Hari Santri nasional,” ucapnya.

Dalam kunjungannya ke Kalimantan Tengah (Kalteng), Kiai Ma'ruf akan merayakan Hari Santri yang rencananya dihadiri oleh Gubernur Sugianto Sabran dan Ketua PW NU Kalteng H Said Ismail Fauzi Bachsin.

Selanjutnya, Kiai Ma'ruf akan mengikuti acara deklarasi dan pengkuhan Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-KH Ma'ruf Amin, sekaligus peresmian Rumah KMA Provinsi Kalteng. Acara hari itu akan ditutup dengan ramah tamah dengan tokoh masyarakat di Kalteng.

Editor : Donald Karouw