Capaian Vaksinasi 70 Persen, Kapolri Sebut Jambi Urutan 6 Nasional

Azhari Sultan · Sabtu, 18 September 2021 - 18:34:00 WIB
Capaian Vaksinasi 70 Persen, Kapolri Sebut Jambi Urutan 6 Nasional
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto saat kunjungan kerja di Jambi. (Foto: Ist)

JAMBI, iNews.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat Jambi. Provinsi tersebut menduduki urutan enam pencapaian vaksinasi tingkat nasional. 

"Jambi juga menduduki posisi kedua di luar Pulau Jawa dan Bali dalam pencapaian vaksinasi. Kita apresiasi itu," ujar Kapolri saat kunjungan kerja di Jambi bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Jumat (17/9/2021).

Tidak hanya pencapaian vaksinasi, dia juga menyampaikan sebagian besar kabupaten di Jambi sudah memasuki PPKM Level 2 hingga 3. Hanya Kota Jambi yang masih harus menerapkan PPKM Level 4.

Dengan adanya penurunan level PPKM, ada kelonggaran aktivitas masyarakat sehingga pertumbuhan ekonomi dapat meningkat. 

"Saya berpesan kepada masyarakat dan pemerintah di Jambi agar selalu menjalankan protokol kesehatan. Jangan sampai lengah karena penurunan level PPKM," kata Kapolri.

Menurutnya, dalam penerapan protokol kesehatan, telah disiapkan aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi itu diharapkannya dapat digunakan sebaik mungkin di berbagai sektor. 

"Sehingga aktivitas berjalan lancar dan ekonomi berjalan baik. Namun di satu sisi pengendalian Covid-19 harus terus kita laksanakan," kata mantam Kabareskrim Polri tersebut.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris mengatakan, untuk vaksinasi di Jambi sudah mencapai target 70 persen.

"Ini pertanda tingkat kesadaran masyarakat sudah mulai bagus terhadap vaksinasi. Semkain banyak vaksinasi ini semakin turun angka kasus," ucapnya.

Dia menambahkan, saat ini di 10 kabupaten kota di Jambi sudah zona kuning. Hanya satu yang masih berstatus zona oranye, yaitu Kota Jambi.

"Kami berharap ke depannya Kota Jambi bisa zona kuning juga seperti yang lain. Isya Allah semakin hari semakin baik," kata Al Haris.

Terpisah, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi mengatakan, setelah dilakukannya vaksinasi ini masyarakat harus bisa menerapkan pola hidup sehat.

"Istirahat yang cukup, pola makan yang baik, berolahraga yang teratur," katanya.

Agus juga mengatakan, jika kita memiliki imun yang baik maka akan mudah diserang penyakit.

"Seperti halnya flu, kalau dulu kita takut, ternyata dengan obat ini langsung sembuh. Sekarang sudah berubah semua menjadi endemis saja sehingga hal tersebut bukan menjadi pandemi lagi nantinya," kata Pangdam.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: