Bukit Matok di Kabupaten Melawi Longsor, Akses Jalan Lumpuh Total

Gusty Eddy ยท Jumat, 01 Maret 2019 - 14:10 WIB
Bukit Matok di Kabupaten Melawi Longsor, Akses Jalan Lumpuh Total
Material longsor menutupi badan jalan provinsi di kawasan Bukit Matok di Desa Pemuar, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi, Kalbar, Jumat (1/3/2019). (Foto: iNews/Gusti Eddy)

MELAWI, iNews.id – Kawasan Bukit Matok di Desa Pemuar, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat (Kalbar), dilanda longsor, Jumat (1/3/2019) dini hari. Material longsor menutup badan jalan utama hingga menyebabkan akses lalu lintas di jalan provinsi Sintang- Kecamatan Nanga Pinoh ke Kabupaten Sintang terputus.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Melawi, Syafarudin mengatakan, semua kendaraan roda dua dan empat harus menunggu di Batu Buil karena tidak bisa lewat dari jalan utama yang ditutupi material longsor. Akses di jalan provinsi itu lumpuh total.

“Ada lima titik yang terkena longsor di sepanjang jalan 3 kilometer. Jalan masih macet total, baik kendaraan roda dua maupun mobil tidak bisa lewat karena badan jalan ditutupi material longsor,” kata Syafarudin.

Bencana longsor ini diduga dipicu hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Melawi, sejak Kamis malam (28/2/2019). Akibatnya, tanah di kawasan Bukit Matok terkikis oleh air dan mudah longsor. Selain itu, di sekitar kawasan Bukit Matok terdapat lokasi Galian C. Namun, belum dapat dipastikan apakah galian itu ikut memicu longsor.

Longsor di kawasan Bukit Matok bukan pertama kali ini terjadi. Curah hujan yang masih tinggi diprediksi memicu longsor susulan di kawasan ini sehingga akses jalan provinsi tersebut juga dikhawatirkan tidak bisa dilewati.

BPBD Kabupaten Melawi saat ini membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan di kawasan Bukit Matok. Petugas kepolisian dan masyarakat setempat sebelumnya juga bekerja sama membersihkan timbunan material longsor.


Editor : Maria Christina