Buaya Besar yang Kerap Menampakkan Diri di Tanjungjabung Timur Berhasil Diamankan

Okezone.com, Azhari Sultan ยท Minggu, 22 Desember 2019 - 15:51 WIB
Buaya Besar yang Kerap Menampakkan Diri di Tanjungjabung Timur Berhasil Diamankan
Warga Desa Lambur II menangkap buaya besar di aliran Sungai Batanghari, Tanjungjabung Timur, Jambi. (Foto: Okezone.com/Azhari Sultan)

JAMBI, iNews.id – Seekor buaya berukuran besar ditangkap warga di aliran Sungai Batanghari di Desa Lambur ll, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi. Proses penangkapan memakan waktu yang cukup lama dari Sabtu (21/12/2019) sore hingga Minggu (22/12/2019) dini hari.

Warga bersama tim dari pemerintahan daerah setempat akhirnya berhasil menangkap buaya yang dalam sepekan terakhir sering menampakkan diri di pinggir sungai.

Menurut salah satu warga Desa Lambur II, Yanto, mengatakan buaya tersebut berhasil ditangkap Minggu sekitar pukul 02.30 WIB dini hari. "Masyarakat menangkap di tengah sungai dengan cara ditombak lalu dibawa ke tepi sungai," katanya.

Awalnya, buaya ini dipancing menggunakan umpan hewan entok. Sayangnya hingga tengah malam, umpan tersebut tidak dimakan juga.

Usai berunding, masyarakat dan tim memutuskan penangkapan difokuskan ke tengah sungai. Dengan menggunakan kapal pompong, mereka terus mengintai keberadaan buaya, sambil membawa tombak.

Setelah beberapa jam melakukan pengintaian, tim dan masyarakat menemukan keberadaan buaya itu. "Saat terlihat di permukaan air itulah, tim gabungan menangkap buaya dengan cara ditombak," kata Yanto.

Buaya tersebut langsung dibawa ke tempat aman yang lokasinya berada di Desa Talang Babat, Kecamatan Muara Sabak Barat, Tanjungjabung Timur, Jambi. Kini buaya tersebut sudah diamankan oleh tim dinas dari pemerintah.

“Rencananya dilepaskan ke sungai yang jauh dari permukiman masyarakat," katanya.


Editor : Umaya Khusniah