BPOM Babel Jamin Jajanan Takjil di Toboali Aman Dikonsumsi

Wiwin Suseno ยท Rabu, 28 April 2021 - 09:46:00 WIB
 BPOM Babel Jamin Jajanan Takjil di Toboali Aman Dikonsumsi
BPOM Babel melakukan uji Sampel jajanan berbuka puasa di kota Toboali Bangka Selatan. Foto: iNews.id/ Wiwin Suseno.

BANGKA SELATAN, iNews.id - Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memastikan jajanan Takjil di Kota Toboali Kabupaten Bangka Selatan aman untuk dikonsumsi.

Hal itu disampaikan berdasarkan hasil uji sampel terhadap 50 jenis takjil yang dijajakan oleh pedagang musiman di kota Toboali oleh BPOM Babel pada Selasa (27/04/2021).

Kepala BPOM Babel, Hermanto mengatakan, kegiatan pemeriksaan tersebut merupakan upaya untuk memastikan agar jajanan berbuka puasa aman dari bahan-bahan berbahaya.

"Kita sudah melakukan uji sampel terhadap 50 jenis jajanan berbuka puasa yang dijajakan oleh pedagang di Toboali sejak kemarin hingga hari ini dengan empat parameter uji yaitu Formalin, Boraks, Rhodamin B, dan Metalin Yellow. hasilnya jajanan yang dijajakan itu aman dari zat berbahaya dan aman untu dikonsumsi," katanya.

Adapun lokasi uji sampel yang dilakukan oleh BPOM di kota Toboali kata dia tersebar di beberapa titik lokasi jajanan berbuka puasa yang ada di kota Toboali.

"Kami merasa puas dengan hasil uji ini, artinya pedagang Toboali sudah sadar dengan jajanan sehat yang harus dijajakan," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Bangka Selatan, Supriyadi menghimbau agar para pedagang tetap mempertahankan keamanan jajanan makanan seperti hasil uji yang telah dilakukan BPOM Babel.

"Kita imbau agar hasil uji dari BPOM bahwa jajanan makanan berbuka puasa di Toboali ini aman dari bahan berbahaya harus dipertahankan. termasuk jenis makanan lainnya agar jajanan makanan sehat ini selalu kita temui di Bangka Selatan," katanya.

Editor : Erwin Sihombing