BPBD Lebak Ingatkan Potensi Banjir dan Longsor hingga Maret 2020

Antara ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 10:53 WIB
BPBD Lebak Ingatkan Potensi Banjir dan Longsor hingga Maret 2020
Banjir Tahun Baru 2020 (dok Antara)

LEBAK, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mengingatkan masyarakat di daerah itu agar meningkatkan kewaspadaan, khususnya saat terjadi hujan pada malam hingga dini hari guna mengurangi risiko kebencanaan. Ada potensi banjir dan longsor hingga Maret 2020.

"Kita beberapa hari terakhir ini dilanda hujan malam hari dengan intensitas sedang dan ringan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, Selasa (25/2/2020).

Potensi curah hujan tersebut dapat mengakibatkan bencana alam, karena wilayah Kabupaten Lebak sebagai daerah langganan banjir dan longsor.

Pada awal 2020, banjir bandang dan longsor mengkibatkna ribuan warga harus kehilangan tempat kediamannya juga menimbulkan kerusakan jalan, jembatan, sekolah, pesantren, dan perkantoran.

Banjir bandang dan longsor juga mengakibatkan sembilan warga meninggal dunia.

Bahkan, saat ini masyarakat yang terdampak bencana alam itu masih tinggal di tenda-tenda pengungsian.

Oleh karena itu, BPBD Lebak mengingatkan masyarakat yang tinggal di sekitar pegunungan, perbukitan, dan aliran sungai agar meningkatkan kewaspadaan jika turun hujan pada malam hingga dini hari.

"Kami sudah menyampaikan peringatan imbauan kewaspadaan bencana banjir dan longsor untuk mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa," ujarnya.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang tiga hari ke depan diprakirakan wilayah Lebak masih dilanda hujan. Peluang cuaca yang kurang bersahabat itu terjadi sore hari hingga malam.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq