BPBD Kabupaten Lebak Minta Warga Waspada di Masa Pancaroba

Antara ยท Rabu, 09 Mei 2018 - 14:53 WIB
BPBD Kabupaten Lebak Minta Warga Waspada di Masa Pancaroba
Ilustrasi hujan petir. (Foto: Dok. iNews.id)

LEBAK, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan di masa pancaroba yang disertai hujan lebat, kilat dan angin kencang.

"Warga tetap mewaspadai hujan deras disertai sambaran petir. Masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi saat dihubungi di Lebak, Rabu (9/5/2018).

Peringatan kewaspadaan itu agar masyarakat tidak menjadi korban bencana alam. Karena, peluang hujan deras disertai kilat dan angin kencang sangat berpotensi terjadi banjir, longsor dan sambaran petir.

Bahkan, sebulan terakhir beberapa warga Lebak meninggal dunia akibat sambaran petir yang melanda sejumlah wilayah Lebak. Selain itu, wilayah tersebut juga mengalami banjir dan tanah longsor.

Kebanyakan masyarakat yang terkena bencana alam itu berada di daerah bantaran sungai, perbukitan dan pegunungan. Karena itu, sepanjang masa pancaroba masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan guna mengurangi risiko bencana alam.

"Kami sudah menyampaikan surat pemberitahuan peringatan dini kepada aparat kecamatan, desa siaga dan relawan," ujarnya menjelaskan.

Menurut dia, masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan jika terjadi hujan sore hari, namun pada siang suhu matahari panas. Biasanya, cuaca seperti dapat menimbulkan angin kencang juga sambaran petir.

Namun, cuaca buruk tersebut tidak berlangsung lama antara 1,5 jam sampai 2,5 jam. Meskipun tidak berlangsung lama, tetapi sangat membahayakan keselamatan warga, karena kerap kali menimbulkan korban jiwa. Dia meminta masyarakat untuk berhati-hati jika cuaca buruk berlangsung agar berada di rumah dan dilarang berada di tanah lapang, di bawah pohon dan di atas atap genteng.


Editor : Muhammad Saiful Hadi