BNN: Belitung Rawan Penyelundupan dan Peredaran Gelap Narkotika

Antara ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 08:53 WIB
BNN: Belitung Rawan Penyelundupan dan Peredaran Gelap Narkotika
Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Belitung Dik Dik Kusnadi. (Foto Antara).

BELITUNG, iNews.id - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyebut daerahnya kategori rawan penyelundupan dan peredaran gelap narkotika. Sebab Kabupaten Belitung mudah diakses dari daerah lain sebagai destinasi wisata.

Kepala BNN Kabupaten Belitung, Dik Dik Kusnadi mengatakan sebagai daerah kepualuan dan destinasi wisata potensi peredaran gelap narkotika di Belitung cukup tinggi.

"Belitung ini diam-diam menghanyutkan jadi waspada adalah langkah terpenting untuk saat ini," katanya di Belitung, Jumat (26/6/2020).

Menurut dia, sebagai daerah Kepulauan, Belitung sangat memungkinkan dijadikan sarana, lalu lintas dan tempat persinggahan aktivitas penyelundupan narkotika.

Berdasarkan hasil dari pengungkapan kasus sebelumnya diketahui para penyelundup narkotika juga melalui ataupun melewati Belitung.

"Para pembawa barang itu mereka melalui Belitung dulu jadi harus diwaspasdai," ujarnya.

Dia menyebut potensi lainnya adalah masih banyak keberadaan pelabuhan-pelabuhan tikus yang luput dari pengawasan sehingga aktivitas penyelendupan narkotika terjadi.

"Makanya jalur-jalur tikus ini masih banyak, jadi di kalangan nelayan juga harus dibangun kesadarannya," katanya.

Untuk itu, dia mengajak masyarakat bersama-sama memerangi narkoba. "Karena Belitung masih rawan peredaran gelap narkotika," ujarnya.


Editor : Faieq Hidayat